Diet di Akhir Pekan

Sumber :

VIVAnews - Apa rencana Anda menghadapi akhir pekan panjang ini? Menghadiri pesta-pesta di sana-sini atau bermalas-malasan di rumah setelah lelah bekerja sepanjang minggu?

Apapun rencana Anda, jangan lupakan diet dan berolahraga. Masalahnya, kebiasaan di akhir pekan, seperti tidur, bermalas-malasan, dan ngemil  bisa menambah berat badan hingga sekitar 4,5 kg per tahun. Setidaknya, ini yang dipublikasikan periset Washington University School of Medicine di St. Louis dalam jurnal Obesity.

Tim peneliti menemukan bahwa orang-orang berdisplin dengan diet dan olahraganya sepanjang hari kerja. Saat akhir pekan menjelang, semua dilupakan. Lalu pada Senin berikutnya, celana terasa lebih ketat dan jarum timbangan bergerak lebih ke kanan.

“Tidak ada cara menghindarinya, tambahan berat badan di akhir pekan bersifat konsisten,” kata James Hill, pendiri National Weight Control Registry.

Berikut beberapa tips untuk menghindari tambahan berat badan di akhir pekan:

Selalu memantau berat badan
Sebaiknya menimbang badan setiap hari, atau setidaknya setiap Jumat dan Senin. Saat berat badan merangkak naik, itulah pertanda Anda harus mengurangi berleyeh-leyeh di akhir pekan. Menimbang badan paling baik dilakukan setelah buang air besar di pagi hari.

Junk food, no way!
Anda mungkin punya lebih banyak waktu di akhir pekan, jadi mengapa menyantap makanan siap saji? Luangkan waktu untuk menyiapkan dan menikmati seluruh makanan seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, serat, daging, dan produk susu rendah lemak. Sajikan semangkuk sup atau sayur-potong sebagai camilan. Memakan makanan padat serat dan protein akan menjaga Anda tetap kenyang selama berjam-jam.

Jangan malas bergerak
Daripada hanya bermalas-malasan, gunakan waktu akhir pekan Anda untuk bersepeda, naik gunung, bermain tenis, atau berjalan-jalan dengan keluarga. Bahkan pergi belanja ke mal pun bisa dikategorikan berolahraga. Gunakan pedometer (penghitung langkah) dan berhentilah jika layar sudah menunjukkan angka 10.000.

Sarapan sehat
Saat akhir pekan, Anda punya seluruh waktu di dunia untuk menikmati sarapan. Hindari sarapan a la pertanian yang kaya lemak, sodium, dan kalori. Cukup dengan satu atau dua butir telur, roti gandum, dan buah-buahan. Atau pilih semangkuk sereal berserat tinggi dengan yogurt low-fat dan buah-buahan. Sarapan sehat sangat dapat meningkatkan semangat untuk hari itu. Mereka yang sukses dengan dietnya tidak pernah meninggalkan rumah sebelum sarapan.

Pikirkan: Langsing, langsing, langsing!
Tanamkan keinginan mengurangi berat badan dalam pikiran Anda sepanjang akhir pekan sehingga kerja keras sepanjang minggu tidak sia-sia. Sedikit bermanja-manja masih dapat ditolerir, tapi jangan membiasakan diri. Saat bergaul, beri lebih banyak perhatian pada orang-orang dan apa yang dibicarakan, dan hanya sedikit pada makanan.