Makan Enak Tanpa Gemuk

Sumber :

VIVAnews - Di pesta atau arisan pasti menyediakan makanan-makanan enak. Namun, rasanya tidak enak bila tidak mencicipi hidangan. Apalagi, bila sebagian santapan yang disuguhkan adalah makanan favorit Anda.  Tapi, jika semua dicicipi, bisa jadi berat badan akan melonjak.

Jangan khawatir, Anda masih bisa makan enak, kok, di acara-acara ini. Simak strateginya!

Isi perut sebelum pergi
Jangan tiba di acara dengan perut sangat kosong atau Anda mendapatkan ratusan kalori tambahan hanya dari makanan pembuka. Makan semangkuk sup sayuran atau makanan ringan lainnya satu jam sebelum Anda berangkat. Ketika tiba di sana, lewati makanan yang jumlah krim atau sausnya berlimpah, atau makanan yang dipanggang.

Anda juga bisa makan buah dulu di rumah sebelum berangkat ke acara. Dengan begitu, perut Anda tidak terlalu kosong sesampainya di sana. Karena perut sudah terisi,  Anda pun tidak terlau ‘kalap’ menyantap hidangan di sana.

Jaga porsi makan
Ambil hidangan dalam porsi kecil. Anda dapat mencicipi semua makanan sekaligus memenuhi hasrat menyantap makanan favorit Anda. Trik lainnya, Anda dapat menggunakan piring berukuran kecil, sehingga porsi yang diambil tidak berlebihan.

Waspadai kalori dalam minuman
Sebelum Anda sadar, minuman beralkohol, soda, dan jus sudah menyumbang ratusan kalori. Alkohol juga dapat mengurangi keinginan akan makanan sehat. Pertimbangkan kalori cair sebagai tambahan karena mereka tidak mengurangi jumlah makanan yang Anda lahap. Jika terpaksa, nikmati segelas wine, atau jadikan soda diet sebagai campuran cocktail Anda.

Mengontrol makanan
Anda lebih sulit mengontrol makanan saat di luar rumah. Sebuah studi menunjukkan bahwa seseorang yang makan di luar 13 kali setiap bulan memperoleh kalori lebih banyak 32 persen dibanding mereka yang hanya makan di luar empat kali sebulan.

Restoran menyajikan porsi yang lebih besar. Anda juga tidak dapat mengetahui cara mereka mengolah bahan makanan. “Saat Anda memasak di rumah, Anda bisa menyajikan apa yang benar-benar Anda mau, dan Anda mengetahui semua bumbunya,” kata penulis The Foods You Crave dan pembawa acara Healthy Appetite di Food Network, Ellie Krieger.