Core 2 Duo 3,5GHz Muncul

Sumber :

Pemangkasan harga yang baru-baru ini dibuat oleh Intel dan AMD membuat harga-harga prosesor quad core seperti Core 2 Quad dan Phenom II menjadi lebih terjangkau. Meskipun varian ekonomis dari Core i7 sedang dipersiapkan untuk beredar dalam beberapa bulan yang akan datang, Intel tentu tidak melupakan jajaran Core 2 Duo mereka. Buktinya, seperti yang VIVAnews kutip dari SlashGear, 28 Januari 2009, prosesor dual core model terbaru diam-diam hadir di CPU knowledge base produsen prosesor itu.

Dari spesifikasi yang disebutkan, Core 2 Duo E8700 bekerja di kecepatan 3,5GHz. Serupa dengan varian sebelumnya, pada prosesor juga tersedia L2 cache sebesar 6MB, menggunakan front side bus dengan kecepatan 1333MHz serta thermal dissipation power rata-rata 65 watt. Catatan di knowledge base Intel juga menyebutkan bahwa prosesor menggunakan desain Wolfdale seperti Core 2 Duo 45 nanometer yang saat ini beredar. Artinya, prosesor ini adalah Core 2 Duo E8600 yang digenjot kinerjanya. 

Menurut spesifikasi yang dicantumkan Intel, prosesor ini juga mendukung virtualisasi, arsitektur 64-bit, dan Intel SpeedStep Technology. Tetapi fitur Turbo Boost, yang memungkinkan setiap core prosesor melakukan peningkatan clock secara otomatis per satuan 133MHz tidak tersedia.

Untuk kisaran harga, dari informasi yang didapat TweakTown, prosesor 3,5GHz itu dijual di harga 260 euro atau sekitar 343 dolar AS. Harganya memang sekitar 70 dolar lebih mahal dibanding E8600 yang memiliki kecepatan 3,33GHz. Meski begitu, belum ada informasi mengenai ketersediaan barang yang bersangkutan. Diperkirakan pengguna baru bisa membelinya akhir Februari, atau awal Maret, berdekatan dengan kemunculan Phenom II versi AM3 dari AMD.