Seagate Siapkan Harddisk 2 Terabyte

Sumber :

VIVAnews - Seagate umumkan harddisk seri Constellation baik dalam form factor 2,5 inci dan 3,5 inci. Kedua harddisk akan dijual dalam interface SATA ataupun Serial-Attached SCSI (SAS). Meski bukan yang pertama karena Western Digital lebih dulu umumkan harddisk 2TB-nya, tetapi Seagate mengatakan bahwa mereka merupakan perusahaan pertama yang merilis harddisk dengan interface SAS 2.0.

“Dengan semakin mengetatnya budget IT dari setiap perusahaan, Seagate berkomitmen untuk memberikan solusi storage berkelas untuk kalangan enterprise,” kata Sherman Black, Senior Vice President, Seagate Core Marketing and Strategy pada keterangan persnya. “Harddisk Constellation ES menghadirkan kapasitas tertinggi tinggi, penggunaan tenaga rendah dan integritas data kelas enterprise terbaru dengan SAS 2.0 serta tingkat pengaturan enkripsi AES untuk data center,” ucapnya.

Seri Constellation 2,5 inci yang serupa dengan harddisk notebook biasa tersedia dalam kapasitas 160 dan 500GB. Selain kapasitas 2TB yang terdiri dari empat platter (piringan magnetik yang menyimpan data), seri Constellation ES 3,5 inci tersedia pula dalam kapasitas yang lebih kecil yakni 500GB dan 1TB. Dibanding kompetitornya, harddisk Seagate Constellation ES ini bekerja pada kecepatan 7200rpm penuh demi menghasilkan kinerja maksimal.

Sayangnya, seri Constellation milik Seagate baru akan tersedia di pasar mulai kuartal ketiga tahun ini. Seagate juga belum menginformasikan kisaran harga untuk produk yang bersangkutan.