"Tak Ada Keraguan, Miangas Milik Indonesia"

Sumber :

VIVAnews - Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana Tedjo Edhy Purdijatno mengatakan Filipina mengklaim ada wilayah lautnya masuk ke wilayah Pulau Miangas, Sulawesi Utara. Namun, menurut Menteri Luar Negeri, Hassan Wirajuda secara politis juga Filipina tidak pernah mengajukan klaim.

"[Jangan] ribut-ribut buang energi, buang tenaga tanpa tahu jelas duduk perkaranya. Di Deplu itu bukan masalah," kata Hassan Wirajuda di Gedung Departemen Luar Negeri, Pejambon, Jakarta, Jumat 13 Februari 2009.

Menurut Hassan Wirajuda, Filipina mengakui kepemilikan Indonesia atas Pulau Mianngas. "Jadi secara hukum tidak ada keraguan," tambah dia. Dijelaskan Hassan Wirajuda, sengketa Pulau Miangas sudah jadi objek sengketa Amerika, yang saat itu menjajah Filipina dan Belanda, penjajah Indonesia. Mahkamah Arbitrase Internasional memutuskan pulau tersebut adalah milik Belanda, yang otomatis masuk teritori Indonesia. "Status kepemilikan Indonesia dipertegas pada tahun 1976," tambah dia.

Indonesia, yang kepulauan, punya banyak batas wilayah dengan negara lain. Wilayah darat Indonesia berbatasan dengan Malaysia, Papua Nugini, dan Timor Leste. Sedangkan di laut berbatasan dengan Malaysia, Papua Nugini, Timor Leste, dan Singapura. Sementara itu, wilayah yurisdiksi Indonesia di laut berbatasan dengan Australia, Filipina, India, Malaysia, Papua Nugini, Republik Palau, Vietnam, Thailand, dan Timor Leste.