Dua Menit Bicara ASI Eksklusif

Sumber :

VIVAnews - Hillary Clinton mengunjungi kompleks mandi cuci kakus terpadu di kawasan Petojo, Jakarta Pusat, di hari terakhir lawatannya ke Indonesia.  Menteri Luar Negeri Amerika Serikat itu menyempatkan diri  bicara dengan sejumlah ibu hamil dan menyusui.

Dengan bantuan penerjemah, mereka berbincang akrab di posyandu yang terletak di kompleks MCK berteknologi biogas, Jalan Petojo Binatu 1 RT 002 RW 08, Petojo Utara, Kamis 19 Februari 2009.

Rani Hasnati, 31 tahun, salah satu ibu menyusui, antusias bisa ngomong langsung dengan mantan Ibu Negara itu. Ia bercerita kepada Hillary tentang air susu ibu eksklusif untuk buah hatinya yang berusia enam bulan. "Hillary bilang bagus-bagus. Ia meminta kami meneruskan program yang sudah ada," kata dia.

Ia juga memuji keramahan yang ditunjukkan Hillary. Sebagai pejabat tinggi dunia, ia tak risih menghampiri rakyat kecil di Indonesia. "Seneng banget. Apalgi saya bisa salaman dan anak saya juga diusap-usap," ujarnya.

Yani dan Ita yang didaulat mendemonstrasikan cuci baju di kompleks MCK itu juga mengacungi jempol atas kehadiran Hillary. "Dia kayaknya seneng banget melihat kami nyuci," ujarnya.

Kompleks MCK berteknologi biogas itu terdiri dari empat kamar mandi dan enam toilet. Kompleks itu juga dilengkapi tempat cuci pakaian, posyandu dan dapur. Dengan teknologi biogas, kotoran manusia yang dihasilkan di toilet tersebut dapat diolah menjadi bahan bakar untuk memasak. 

Pembangunan kompleks MCK umum itu merupakan program kerja sama sejumlah lembaga internasional. Salah satunya United States Agency for International Development atau USAID, lembaga sosial yang dikelola pemerintah Amerika.