Pendaftar NPWP Bakal Tembus 13 Juta

Sumber :

VIVAnews - Direktur Jenderal Pajak, Darmin Nasution optimistis jika pendaftar Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) akan bisa mendekati angka 13 juta pendaftar hingga akhir sunset policy pada 28 Februari 2008. Hal ini dimungkinkan karena kesadaran masyarakat Indonesia dalam membayar pajak dianggap mulai membaik.

"Sejak awal Januari lalu, kami sudah mengumpulkan 10,6 juta, sedangkan sampai pertengahan Februari sudah bertambah 1,5 juta NPWP baru," ujar Darmin di Jakarta, Kamis, 19 Februari 2009. 

Dia memperkirakan pada waktu tersisa dua minggu lagi sebelum kebijakan sunset policy berakhir, tambahan 500 ribu sampai satu juta pendaftar NPWP baru mungkin bisa dicapai.

Sunset policy adalah kebijakan pemerintah untuk menghapuskan sanksi bagi wajib pajak yang memberikan laporan harta kekayaan dan kewajiban pajaknya dengan benar. Kebijakan ini semula berakhir pada Desember 2008, namun karena banyak permintaan akhirnya diperpanjang hingga akhir Februari 2009.

"Banyak kebijakan kami yang secara tidak langsung memerintahkan wajib pajak mengurus NPWP, misalnya kebijakan bebas fiskal, insentif karyawan dengan PPh 21, dan lainnya," ujar Darmin.

Insentif Pajak Karyawan
Darmin mengatakan proses pemberian insentif PPh 21 (insentif pajak karyawan) masih belum diselesaikan rinciannya. Dikatakan pemberian insentif ini masih terganjal pada sektor dan status karyawan yang akan diberi.

"Mungkin sekitar seminggu lagi ada hasilnya," ujar Darmin.

Ia mengatakan bahwa sektor mana saja yang akan dibantu belum ditentukan. "Tapi kalau manager kan tidak mungkin dikasih."

Darmin menegaskan bahwa pemberian insentif PPh 21 diberikan kepada karyawan. Namun pada batasan gaji berapa insentif ini akan diberikan, Darmin masih merahasiakannya.

"Yang jelas semakin tinggi batasannya, maka sektornya semakin sedikit, tapi jika semakin rendah batasannya, maka sektornya semakin banyak."