Mendandani Furnitur Lama

Sumber :

VIVAnews – Meja atau lemari kayu antik warisan orang tua atau nenek bisa Anda pajang untuk menghias interior. Furnitur lama itu biasanya bernilai seni tinggi dan kualitasnya kayunya biasanya baik.

Tapi jika Anda kurang cocok dengan tampilannya yang kuno atau kondisinya sudah tidak bagus, Anda bisa merombaknya.

Misalnya lemari pendek berlaci seperti berikut ini. Buffet berlaci ini kondisinya masih bagus, tapi permukaan kayunya sudah rusak penuh goresan dan kusam. Gagang lacinya pun sudah rusak.

Tapi dari segi fungsi, buffet ini masih sangat baik. Struktur dan kualitas kayunya bagus. Anda hanya perlu melakukan modifikasi. Misalnya melapis kembali pelitur kayunya atau sekalian saja Anda cat dengan warna-warna cerah sehingga tampil lebih modern dan segar.

- Mula-mula bersihkan seluruh permukaan buffet dengan lap yang sedikit dibasahi. Gunakan juga cairan pembersih kayu.
- Bersihkan pula bagian dalam lacinya dengan lap basah dan cairan yang mengandung antirayap dan kutu kayu.
- Lepas gagang yang rusak. Hati-hati saat melepasnya supaya tidak merusak permukaan kayu.

Setelah furnitur dibersihkan, siapkan cat kayu dengan warna kesukaan Anda. Lapisi seluruh permukaan buffet dengan cat hingga merata.

Agar lebih rapi, lapisi bagian dalam laci dengan bahan pelapis dinding (wallpaper atau wallcover). Sesuaikan motif dan warnanya dengan warna tampilan luar. Ganti pegangan lacinya dengan yang baru. Anda bisa memilih model kenop kayu atau gagang besi.

Jadilah buffet ini tampil baru dan lebih segar. Anda bisa menggunakannya sebagai side table di kamar tidur atau lemari penyimpan pakaian.

Bisa juga Anda letakkan di ruang makan sebagai lemari penyimpan peranti makan seperti piring, gelas, sendok, dan sebagainya. Anda bisa meletakkan toples-toples makanan di atasnya.

Buffet ini juga sangat pas dijadikan meja credenza di ruang tamu. Bagian atasnya bisa menjadi meja pajang, sedangkan lacinya bisa untuk menyimpan majalah dan sebagainya.