Dukungan PKB Mengkristal pada Sultan

Sumber :

VIVAnews - Rabu 4 Maret 2009 lalu, sejumlah elit Partai Kebangkitan Bangsa mendeklarasikan duet calon presiden dan wakil presiden, Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Muhaimin Iskandar. Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar, menyatakan Sultan memang menjadi pilihan konstituen PKB.

"PKB sedang mengkristalisasi dukungan," kata Muhaimin usai berdiskusi dengan Dewan Pimpinan Pusat Partai Keadilan Sejahtera, di kantor DPP PKS, Jalan Mampang Prapatan, Jakarta, Kamis 5 Maret 2009 malam. "Sementara ini yang muncul Sri Sultan," ujar Muhaimin melanjutkan.

Muhaimin mengutip pernyataan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah PKB Jawa Barat, Helmy Faishal, yang menyatakan elektabilitas Sultan mencapai 10 persen. Karena itu, PKB berniat menduetkan Sultan dengan Muhaimin.

Muhaimin membantah upaya PKB mendekati Sultan itu untuk menghambat Sultan bertemu dengan Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Ketua Dewan Syura PKB, Gus Dur, belakangan ini memang tak sepaham dengan Muhaimin. "Ini tidak ada hubungan dengan Gus Dur, ini urusan PKB," kata Muhaimin dengan ketus.