Bajak Laut Serang Kapal Yunani, 24 Disandera

Sumber :

VIVAnews - Sebuah kapal kargo Yunani dengan 24 awak disandera oleh gerombolan bajak laut, yang diduga berasa dari Somalia, di Teluk Aden, Kamis malam waktu setempat, 19 Maret 2009. Kapal bernama Titan tersebut berlayar di bawah bendera negara-pulau Saint Vincent. 

Kapal pembawa besi itu sedang berlayar menuju Korea dari Laut Hitam. Tiga dari 24 awak kapal adalah warga negara Yunani, sedangkan kewarganegaraan para kru lain belum diketahui.

Seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Jumat 20 Maret 2009, kawanan perompak Somalia telah menyerang lebih dari 130 kapal pengangkut barang di perairan Somalia sepanjang tahun lalu, termasuk beberapa kapal Yunani. Badan Maritim Internasional mengatakan bahwa penyanderaan dan perampokan oleh bajak laut Somalia meningkat 200 persen pada 2007.

Somalia tidak memiliki pemerintahan efektif sejak mantan presiden yang digulingkan tahun 1991, Mohamed Siad Barre, menimbulkan pertikaian berdarah antar kelompok.

Kapal-kapal patroli dari berbagai negara telah disebar di perairan Somalia. Namun tampaknya kontrol tersebut belum mampu menumpas bajak laut.