Gas Negara Bentuk Anak Usaha Baru

Sumber :

VIVAnews - PT Perusahaan Gas Negara Tbk tengah menyiapkan pembentukan anak usaha yang bergerak di bidang konstruksi dan engineering gas pipa rumah tangga.

Direktur Utama Gas Negara Hendi Prio Santoso mengatakan, perusahaan ini nantinya akan membantu perusahaan daerah yang bergerak di bidang konstruksi dan engineering pembangunan gas pipa.

"Saat ini sedang tahap persiapan," ujar dia dalam penandatanganan nota kesepahaman bersama pasokan gas bumi untuk rumah tangga Palembang dan Surabaya, di Jakarta, Senin 23 Maret 2009.

Menurut dia, anak usahanya itu akan membimbing sampai perusahaan daerah siap dilepas mandiri.
 
Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Evita Herawati Legowo mengatakan, harga gas untuk Surabaya dan Palembang sekitar US$ 3 hingga US$ 5 per mmbtu. "Tapi ini juga belum pasti," kata dia.

Itu baru harga gas yang dialirkan dari sumur, Jika sudah sampai konsumen rumah tangga, harganya akan menjadi Rp 2.900 per meter kubik. 

Dalam rumah tangga, Evita mengatakan, biasanya dalam sebulan akan menghabiskan 10 - 11 meter kubik. "Jadi sebulan sekitar Rp 30 ribu," katanya.

Namun, hingga kini pemerintah belum menentukan operator gas kota di Surabaya dan Palembang. "Kami masih punya waktu sampai September," tuturnya.