Kemang Bakal Didesain Mirip Kampung Kuta Bali

Sumber :

VIVAnews - Kawasan Kemang akan dijadikan kampung modern. Deskripsi dan aturannya tengah dibahas jajaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Kepala Dinas Tata Ruang DKI Jakarta, Wiriatmoko, memastikan, Kemang tak akan dijadikan kawasan komersial besar. "Hanya diperuntukkan untuk kegiatan bisnis kecil," kata dia, di Balai Kota, Selasa 24 Maret 2009.

Artinya, tidak ada gedung atau bangunan tinggi. Kegiatan bisnis difokuskan di tepi-tepi jalan tanpa meminggirkan pemukiman penduduk. "Modelnya seperti Kuta Bali," ujarnya.

Pemerintah Provinsi DKI memang tengah membahas perubahan status peruntukan kawasan Kemang dari pemukiman menjadi kawasan komersial. Sanksi hukum terhadap pemilik bangunan yang menyalahi peruntukan pun bakal diputihkan. "Tapi pemilik bangunan ilegal harus membayar retribusi," ujarnya.

Banyak bangunan di kawasan Kemang yang menyalahgunakan izin peruntukan rumah tinggal untuk kegiatan komersial. Kondisi ini dipicu biaya izin bangunan untuk kegiatan bisnis yang jauh lebih mahal dari izin bangunan rumah tinggal.

Data Suku Dinas Penataan dan Pengawasan Bangunan Jakarta Selatan menunjukkan, sebanyak 80 surat peringatan penghentian pengerjaan pembangunan (SP4) telah dilayangkan kepada sejumlah pemilik bangunan di kawasan elit Kemang. Beberapa di antaranya telah dibongkar paksa.