Kadin Minta Pusat-Daerah Bersatu

Sumber :

VIVAnews - Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Bidang Telekomunikasi, Teknologi Informasi dan Media, Anindya N Bakrie berharap pemerintah pusat dan daerah meningkatkan kerjasama dalam pelaksanaan proyek infrastruktur.

Sebab sejak otonomi daerah sering kali ada suatu proyek yang dianggap prioritas namun mendapat hambatan dari pemda. "Jadi masukan kami (Kadin), kerjasama ini perlu ditingkatkan," ujar Anindya dalam diskusi peluncuran PPP book di Bappenas, Rabu 25 Maret 2009.

Dia menyontohkan dalam pembebasan lahan untuk pembangunan jalan tol, kerjasama ini diperlukan untuk memperlancar pembangunan infrastruktur.

Menteri Negara PPN/Kepala Bappenas Paskah Suzetta mengakui  selama ini pembangunan jalan tol selalu ada masalah dalam pembebasan lahan. "Kita sudah dua kali summit untuk jalan tol, yaitu pada 2006 dan 2007, tapi dari 99 proyek yang ditawarkan hanya satu yang diminati," katanya.

Hal ini dikarenakan, ada permasalahan dalam peraturan. Pembebasan lahan menurutnya menjadi masalah utama. "Oleh karena itu, kami saat ini meluncurkan PPP book," katanya. Peluncuran buku ini menjadi usaha pemerintah untuk meningkatkan kerjasama dengan membuat menarik penawaran.

"Kita buat peraturan ini lebih friendly, pendanaannya juga dipermudah dengan memberikan dukungan yang lebih," ujarnya. Dalam hal ini PPP book menawarkan 87 proyek dengan tiga kategori. Selain itu pemerintah juga membuat pusat kerjasama pemerintah dan swasta (PKPS) dengan tujuan untuk memfasilitasi terlaksanannya kerjasama proyek infrastruktur antara pemerintah dan swasta.