Korban Belum Terdata, Diperkirakan 25 Tewas

Sumber :

VIVAnews -- Bencana jebolnya tanggul Situ Gintung, Cireundeu, Ciputat, Tangerang, banyak menelan korban. Menurut data yang diperoleh tvOne sampai siang ini sudah 25 korban tewas. Situ ini jebol bertepatan dengan azan subuh.

Terletak di selatan Jakarta, Situ Gintung adalah danau ini sebelum jebal adalah sebuah tempat wisata yang menjadi andalan Tangerang, Banten. Suasana alam sudah terasa begitu masuk ke kawasan wisata ini.

Sengaja dibiarkan alami, danaunya seolah tak terurus. Pepohonan mengelilinginya. Di dalamnya ada perahu dayung, dan sebuah pulau kecil. Taman rekreasi seluas 1,5 hektare yang menyediakan kolam renang, dan gazebo, berada di pinggir situ.

Selain itu ada area outbound, serta motor dan mobil ATV. Setiap akhir pekan tempat ini diramaikan pengunjung. "Tempat pemancingan yang saya bangun juga selalu ramai," kata Sulaiman.

Sebagai tempat wisata memang sangat indah. Namun penduduk yang bermukim di kawasan ini mulai was-was sejak dua tahun lalu. Mereka was-was, soalnya pemukiman lebih rendah dibanding situ. Terutama pemukiman dekat Universitas Muhammadiyah yang berada di RW 08, Kelurahan Cirendeu.

Hanya ada tanggul yang membatasi pemukiman dengan air. Warga melihat kerusakan itu dekat pintu air yang diarahkan ke Sungai Pesanggrahan. Menurut seorang warga yang diwawancarai tvOne, tanggul itu mulai bocor sejak pukul 01.00 WIB Jumat 27 Maret 2009.

Sebagian warga mulai mengungsi. "Tepat saat azan subuh, tanggul itu benar-benar jebol," kata seorang warga. Air tumpah ke perkampungan. "Kampung itu menjadi sungai," kata seorang penjaga bengkel mobil di dekat kawasan.

Bengkel ini selamat karena berada di daerah yang lebih tinggi dari pada situ itu. "Perkampungan itu telah menjadi sungai, rumah-rumah hanyut."