Kawasan Situ Gintung Makin Mencekam

Sumber :

VIVAnews - Beranjak malam, kawasan di sekitar Situ Gintung semakin mencekam. Tak ada listrik. Lumpur tebal juga masih melekat di puluhan rumah yang porak-poranda.

Hujan deras disertai angin kencang yang mengguyur kawasan itu sejak sore juga membuat penyisiran korban hilang oleh tim SAR dihentikan, sekitar pukul 18.00, Jumat 27 Maret 2009. 

Ratusan warga Kampung Poncol, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, pun masih bertahan di pos pengungsian Universitas Muhammadiyah Jakarta dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ahmad Dahlan.

Sejumlah korban tewas dan korban luka masih terbaring di dua posko tersebut. Beruntung aliran listrik tetap ada. Sejumlah bantuan juga mengalir.

Jebolnya tanggul mengakibatkan banjir bandang di kawasan Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan. Lebih dari satu juta meter kubik air menghantam pemukiman penduduk dalam hitungan menit.

Data Departemen Kesehatan terbaru, sebanyak 58 jiwa melayang dan ratusan luka-luka. Peristiwa yang berlangsung sangat cepat membuat mayoritas warga tak mampu menyelamatkan diri. Bahkan banyak warga yang masih terlelap saat banjir datang.

Puluhan rumah pun mengalami rusak parah. Ada yang rata dengan tanah. Sejumlah kendaraan seperti mobil juga terseret hingga puluhan meter. Ada mobil yang tersangkaut di pagar. Ada pula mobil yang tersangkut di pohon.