Pemilu, Seluruh Kepolisian Siaga

Sumber :

VIVAnews - Tak hanya Kepolisian Papua yang menerapkan Siaga I dalam menghadapi pemilu yang akan digelar pada 9 April 2009. Menurut Juru Bicara Polri, Inspektur Jenderal Abubakar Nataprawira, semua kepolisian di seluruh Indonesia sudah siaga I.

"Dalam artian bukan karena situasi gawat, tetapi untuk lingkungan Polri, dua pertiga kekuatan ada di markas-markas seperti polda, polres, dan polsek," kata Abubakar di Markas Besar Kepolisian, Jalan Trunojoyo, Jakarta, Rabu 1 April 2009.

Penetapan siaga I, kata Abubakar, untuk menentukan kekuatan Polri. "Selama ini kita sudah siaga I sampai tahapan kampanye legislatif, kalau sudah selesai akan ditentukan lagi," tambah dia.

Kepolisian Republik Indonesia menggelar 'Operasi Mantap Brata 2009' untuk mengamankan jalannya Pemilu 2009. Polisi menyiapkan dua pertiga kekuatannya sebanyak 246.034 personel. Polisi tak sendirian, selain bantuan 1.223. 273 personel perlindungan masyarakat dan personel TNI.

Sebelumnyal, Kepala Kepolisian Papua, Inspektur Jenderal Bagus Ekodanto tak hanya menetapkan status siaga I bagi kepolisian di seluruh Papua. Kapolda juga mengeluarkan Peraturan Kapolda Papua No Pol: Perkap/02/III/2009 tentang penyampaian pendapat dimuka umum yang berlaku mulai 30 Maret  sampai 13 April 2009.

Papua, yang merupakan salah satu daerah rawan dalam pemilu selain Aceh dan Maluku, mengahadapi ancaman dari beberapa kelompok seperti kelompok Organisasi Papua Merdeka (OPM) pimpinan Goliat Tabuni yang menyatakan akan memboikot bahkan menggagalkan pemilu.