Demokrat Raup Suara Terbanyak di Jawa

Sumber :

VIVAnews – Suara bagi partai Demokrat terbesar ternyata diraih dari  Jawa. Demikian hasil quick count Lembaga Survei Indonesia terhadap 2.096 tempat pemilihan suara (TPS) yang diterima redaksi VIVAnews, Senin 12 April 2009.

TPS itu tersebar secara proporsional di seluruh Indonesia dan dipilih dengan metode kombinasi stratified cluster random sampling.

Dibandingkan suara masuk dari luar Jawa, perolehan Partai Demokrat terbesar dari  Jawa, yakni 21,5 persen.  Sementara kontribusi suara Demokrat dari luar Jawa hanya sebanyak 19,2 persen.

Sementara, suara bagi PDI Perjuangan, terbanyak juga diperoleh dari Jawa.  PDI Perjuangan meraih 16,4 persen dari Jawa dan hanya 11.2  dari luar Jawa.

Sedangkan perolehan Golkar terbanyak justru disumbang dari luar Jawa, yakni 16,6 persen.  Sementara perolehan dari Jawa hanya sekitar 12 persen.

Untuk suara Partai Keadilan Sejahtera, suara terbanyak tetap berasal dari Jawa dengan 9,1 persen dan luar Jawa sebesar  6,5 persen.

Sedangkan suara Partai Gerindra terbanyak  dari Jawa dengan 5 persen dan dari luar Jawa sebesar  3,9 persen.  Untuk Partai  Hanura, kontribusi suara terbesar datang  dari luar Jawa sebesar 4,5 persen dan dari Jawa sebesar  3,3 persen.