Pemilu Caleg si Situbondo Didominasi Golput

Sumber :

VIVAnews - Pelaksanaan pemilihan umum calon legisslatif (Pilcaleg) di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur (Jatim), kemarin (12/04) tampaknya banyak didominasi oleh golongan putih (golput) alias banyak para pemilih yang tidak menghadiri tempat pemungutan suara (TPS).

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun menyebutkan bahwa, salah satu penyebabnya yang dibuat sebagai alasan menjadikan mereka golput adalah karena tidak menerima surat undangan ke TPS-TPS atau kertas C-4.

Namun hingga detik ini belum diketahui secara pasti jumlah angka golput di Situbondo tersebut. "Bagi mereka yang tidak memiliki kertas atau kartu C-4 asalkan masih tercantum dalam daftar pemilih tetap (DPT), mereka bisa memilih kok," ujar Kasubag Tekhnis Komisi Pemilihan Umum (KPU), Zainuddin Anies kemarin.

Dan untuk kepenting tersebut, KPU Situbondo melalui PPK dan PPS telah menghimbaunya, agar KPPS memajang daftar pemilih tetap (DPT) di masing-masing TPS yang ada.

"Kenyataan di lapangan memang banyak TPS-TPS yang belum memajang DPT, padahal tiap-tiap TPS itu menerima lembaran DPT masing-masing TPS sebanyak 56 lembar," imbuh Zainuddin Anies kemarin.