"Pertemuan Bukan untuk Gulingkan Soetrisno"

Sumber :

VIVAnews - Asisten Amien Rais, Ismail, membantah jika pertemuan 30 Dewan Pimpinan Wilayah Partai Amanat Nasional (PAN) di Yogyakarta untuk menggulingkan Ketua Umum PAN, Soetrisno Bachir.

"Tidak ada itu. Kami hanya akan membahas mengapa perolehan suara PAN merosot di Pemilu kali ini," kata Ismail, Minggu 19 April 2009.

Dia menjelaskan Pemilu 2004, PAN berhasil meraup 6,4 persen suara di pemilihan umum legislatif. "Kalau berdasarkan quick count, 2009 itu hanya enam persen," kata dia. Jika dikonversi ke kursi dewan, sambungnya, PAN hanya akan mendapatkan 40-50 kursi.

PAN, kata Ismail, tetap akan memberikan kader-kader terbaiknya untuk koalisi, seperti Soetrisno Bachir, Dradjad Wibowo, Hatta Radjasa, dan sebagainya. "Jadi isu kami akan menggulingkan Soetrisno itu tidak benar," kata dia.

Lagipula, kata dia, Amien Rais sebagai Ketua Majelis Pertimbangan Partai berhak untuk memanggil pengurus di tingkat pusat maupun daerah. "Kami ini bukan partai perseorangan."

Hingga saat ini, dari 30 DPW yang diundang, 28 diantaranya telah mengirimkan perwakilannya. Dalam pertemuan itu, Amien Rais akan mengevaluasi hasil Pemilu yang berlangsung 9 April lalu.