Perempuan Kampung Bersuara Malaikat

Sumber :

VIVAnews - Sebelum akhir pekan lalu, tak banyak orang mengenal Susan Boyle. Bisa jadi orang tak perlu mengenal perempuan lajang berusia 47 tahun dari suatu kampung di Skotlandia dan tak memiliki pekerjaan itu.

Kesan itu berubah saat Boyle akhir pekan lalu, tepatnya Sabtu 11 April 2009, ikut kontes olah bakat terkemuka di Inggris, Britain Got Talent. Tiga juri kontes - salah satunya juri kondang American Idol, Simon Cowell - bersama ratusan penonton di gedung konser di London mulanya mentertawakan kesan kocak penampilan Boyle, perempuan bertubuh gemuk dengan alis mata tebal dan rambut acak-acakan namun ingin seperti seorang penyanyi anggun sekelas Elaine Paige.

Namun, tak lama setelah Boyle mendendangkan lagu "I Dreamed a Dream," mereka semua terpana sejenak sebelum berseru kagum sambil bertepuk tangan atas merdunya suara perempuan itu. Bahkan Simon Cowell - yang terkenal tampil ja'im dan mahal senyum - juga dibuat terkesima dan tak segan-segan menyungging senyum lebar-lebar mendengar alunan nada Boyle.

Boyle mampu menyulap para hadirin bahwa kendati bertampang dan berpenampilan pas-pasan, dia memiliki suara yang jernih dan enak didengar. Tak hanya itu, lagu "I Dreamed a Dream" yang populer dibawakan dalam pentas teater legendaris, Les Miserables, sangat pas dibawakan oleh Boyle, yang tampil sangat bersahaja dan terkesan sangat tulus sehingga bisa membawa perasaan haru bagi mereka yang mendengarnya. 
    
Salah satu juri, Amanda Holden, saat memberi komentar mengaku pada awalnya menganggap enteng Boyle. "Namun penampilan Anda menimbulkan gaung yang dahsyat yang membangkitkan kesadaran banyak orang," kata Holden seperti dikutip stasiun televisi BBC.

Begitu juga juri yang lain, Piers Morgan. "Saya minta maaf karena kami saat itu tidak memberikan respek yang selayaknya saat pertama kali Anda naik ke panggung," kata Morgan saat diwawancara bersama dengan Boyle oleh Larry King di stasiun televisi CNN. 

Kontes Britain Got Talent belum usai, namun kini banyak orang tak sabar ingin menyaksikan penampilan Boyle berikutnya. Dia pun kini difavoritkan menang dalam kontes itu. 

Penampilan Boyle itu tak hanya menyihir mereka yang menyaksikannya secara langsung. Para penikmat musik di laman Youtube pun sangat kagum dengan aksi Boyle. Buktinya, dalam waktu satu pekan, fitur (page view) Youtube yang merekam penampilan Boyle sudah dilihat hampir 50 juta kali.

Bahkan tak sedikit pemberi komentar di Youtube yang mengaku menangis setelah menyaksikan penampilan ajaib Boyle.

Tak heran bila Boyle kini dianggap kalangan media Inggris dan Amerika sebagai fenomena global. Dia mampu mendobrak mitos bahwa mereka yang tampil di acara kontes olah bakat menyanyi yang disiarkan secara luas oleh stasiun televisi haruslah berusia muda, berpenampilan menarik, seksi atau ganteng.

Boyle justru memberi harapan bahwa dengan suara yang merdu dan pembawaan yang tidak dibuat-buat namun bernyanyi dengan perasaan tulus bisa juga membuat penonton merasa senang.   

Liza Schwarzbaum, kolumnis majalah selebritas AS, Entertainment Weekly, menilai bahwa penampilan Boyle merupakan koreksi bagi industri hiburan. "Dalam budaya pop yang mulai terjebak dengan penampilan - muka yang keren, baju yang bagus, dan gaya yang elegan - apa yang diberikan Boyle mengingatkan kita bahwa keindahan tidak hanya berasal dari tampilan luar," tulis Scwarzbaum.

Bagi pembaca yang ingin melihat penampilan Boyle berikut berbagai komentar bisa dilihat dengan mengklik di laman Youtube