Nokia N97 Beredar Akhir Maret

Sumber :

Nokia berencana meluncurkan jajaran ponsel pintar terbarunya yang dilengkapi layar sentuh. Nokia N97, direncanakan akan dikapalkan pertama kali di Inggris dengan harga retail 480 poundsterling atau sekitar Rp 7,7 juta.

Harga yang ditetapkan Nokia sedikit lebih murah dari yang diumumkan melalui pernyataan resmi sebelumnya, yakni sekitar 550 euro atau setara Rp 8 juta, tidak termasuk pajak dan subsidi.

Seperti diberitakan GSMarena dan Softpedia, yang dikutip VIVAnews, Selasa 20 Januari 2009, Ini baru pertama kalinya Nokia menjual produk lebih murah dari yang diekspektasikan sebelumnya. Sejumlah orang menilai langkah tersebut merupakan strategi raksasa vendor asal Finlandia itu untuk berkompetisi dengan dua ponsel pintar yang tengah naik daun, iPhone dan BlackBerry.

Sebuah toko retail online yang ditunjuk Nokia sebagai distributor resminya di dunia maya, Play.com, melaporkan saat ini telah menerima sejumlah pesanan N97 dari para penggandrung Nokia. Tidak ada informasi detail mengenai jumlah pemesanan yang masuk sejak tiga bulan lalu.

N97, ponsel slide yang didukung sistem operasi Symbian S60 ini memiliki desain yang tak jauh berbeda dengan ponsel-ponsel sejenis yang diluncurkan lebih dulu. Susunan keyboard QWERTY, kamera 5MP, layar TFT, atau pun sensor rotasi otomatis, sebenarnya sudah dimiliki lebih dulu oleh HTC, iPhone, ataupun BlackBerry.

Hanya saja, untuk mendapatkan hasil optimal jepretan pada kameranya, Nokia bekerja sama dengan Carl Zeiss sebagai penyedia lensa optik dan dual flash lampu LED. Selain itu, Nokia juga memiliki fitur yang dikembangkan sendiri untuk geo-tagging, yakni Nokia Maps 2.0 Touch.

Di samping dua fitur itu, sejumlah fitur lain pada N97 tidak ada yang baru. Misalnya, memori internal 32GB yang didukung dengan slot microSD hingga 16GB, output jack audio 3,5 mm, support file multimedia MP3, WAV, WMA, dan eAAC+, kompas digital, sensor accelerometer untuk rotasi otomatis, fitur pengenalan tulis tangan, dan GPS internal.

Sama halnya dengan ponsel pintar lain, selain Bluetooth dan Wi-Fi, N97 juga dilengkapi konektivitas HSDPA. Ponsel pintar ini juga mendukung jaringan quad-band, meliputi GSM 850, 900, 1800, hingga 1900.

Belum ada keterangan resmi Nokia lebih lanjut terkait pemasarannya di Indonesia maupun di Asia.