Timnas Indonesia Sengaja Bertahan

Sumber :

VIVAnews - Tuan rumah Oman gagal memanfaatkan keuntungan sebagai tuan rumah pertandingan perdana Pra Piala Asia (PPA) grup B.
Berhadapan dengan Indonesia di Stadion Sultan Qaboos Sports Complex, Muscat, Oman, Senin, 19 Januari 2009, jawara Piala Teluk Antar Negara 2009 itu hanya mampu bermain 0-0.

Pelatih Oman, Claude Le Roy mengatakan, faktor kelelahan menjadi penyebab hasil imbang tersebut. Menurutnya, final Piala Teluk Antar 
Negara yang mempertemukan Oman dengan Arab Saudi, Sabtu, 17 Januari 2009 telah menguras tenaga pemain-pemainnya. Akibatnya, 
saat berhadapan dengan Indonesia, timnya tidak bisa tampil maksimal selama dua babak.

"Kami bermain sangat buruk hari ini. Ini terjadi karena pemain sangat kelelahan usai bertanding di babak final Piala Teluk Sabtu lalu. Pemain  kami sebenarnya sudah berusaha untuk menang, tapi mereka sudah sangat kelelahan," ujar Le Roy seperti diberitakan situs resmi  Konferderasi Sepak Bola Asia (AFC), Senin, 20 Januari 2009.

Di babak final Piala Teluk Antar Negara 2009, Oman memang tampil mati-matian. Untuk mendapatkan trofi juara, Ali Al Hasbi cs harus 
menjalani pertandingan selama 120 menit sebelum akhirnya memenangkan drama adu penalti 6-5 atas Arab Saudi.

Le Roy menambahkan, pertandingan ini sebenarnya sangat berarti bagi mereka. Karenanya, dia tidak mau memainkan banyak muka baru saat bertemu Indonesia. Sebagian besar pemain merupakan tim inti yang tampil saat Oman bertemu Arab Saudi di final Piala Teluk, Sabtu lalu.

"Kami mendominasi pertandingan. Tapi dengan kelelahan yang ada sulit bagi kami untuk menembus pertahanan Indonesia yang sudah dijaga 10 pemain," kata pelatih asal Prancis itu.


Hasil seri ini memang cukup mengecwakan Le Roy. Namun dia tidak ingin patah arang dalam menjalani sisa pertandingan babak kualifikasi Piala Asia 2011 ini. "Kehilangan dua poin di kandang memang bukan hal menguntungkan. Karena itu, kami harus bisa memenangkan dua 
pertandingan yang akan datang untuk menutupinya," ujar Le Roy.

Sementara itu, Pelatih Indonesia, Benny Dollo mengaku sengaja menginstruksikan pemain-pemainnya untuk tampil bertahan. Langkah itu ditempuh untuk meredam permainan Oman yang masih satu tingkat di atas timnas.

"Kami sadar Oman merupakan tim dengan pemain-pemain berkualitas. Karena itu, agar bisa mendapat poin, kami sengaja menerapkan strategi bertahan pada pertandingan ini," ujar Bendol-sapaan akrab Benny Dollo.

Meski berhasil mendapatkan satu poin dari kandang Oman, Bendol tidak ingin pemain-pemainnya merasa besar kepala. Sebab, menurut 
mantan pelatih Persita Tangerang dan Arema Malang itu, pertandingan selanjutnya jauh lebih berat dari pertandingan perdana.

"Mendapat poin di kandang memang menguntungkan. Tapi saya yakin pertandingan selanjutnya akan lebih berat karena kami berada di 
grup yang berat," tandas Bendol.

Selain Oman, di Grup B PPA 2011,  Indonesia bergabung denga Australia dan Kuwait. Setelah partai tandang di Oman, Indonesia akan menjamu Australia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, 28 Januari 2009.