NEWS

BISNIS

BOLA

SPORT

INDEPTH

Rahasia Cepat Kaya dari Bisnis Properti

Sabtu, 14 Desember 2019 | 10:27 WIB
Oleh : Raden Jihad Akbar,
Foto :
Ilustrasi bisnis properti.

VIVAnews – Siapa pun itu sepertinya ketika mendengar keuntungan bisnis properti pasti akan tergiur. Nilai keuntungan yang sangat tinggi menjadi satu-satunya alasan dari usaha ini. 

Namun pertanyaannya, bisakah Anda juga ikut andil dalam bisnis properti? Tahukah Anda, ternyata ini rahasia sukses bisnis properti yang mudah ditiru, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Penuhi kebutuhan semua pihak dalam bisnis properti

Pertama yang harus dilakukan bagi para pemula adalah dengan memahami apa saja kebutuhan penjual dan pembeli. Anda harus mengetahui apa sebenarnya keinginan dari para pembeli.

Mulai dari tipe rumah yang diinginkan, letaknya, harga, fasilitas, legalitas, dan lain sebagainya. Bagi para penjual, juga ada beberapa hal yang harus dipelajari dari mereka. 

Metode paling mudah adalah dengan langsung mengajak berbincang dengan mereka. Semakin banyak Anda belajar dalam mengetahui keinginan pembeli, dan juga penawaran yang dilakukan penjual, makin baik pula dalam memulai bisnis properti.

2. Harus selalu jujur di semua kondisi dan situasi

Kejujuran menjadi hal utama dalam bisnis properti. Bisnis properti menggunakan biaya yang sangat tinggi. Hal itu juga yang membuat risiko bisnis ini juga sangat tinggi.

Dari risiko yang sangat tinggi tersebut, maka kejujuran harus selalu dijaga. Kejujuran harus terus dipertahankan meski Anda dalam kondisi yang sulit. Dengan kejujuran tersebut Anda akan meminimalisir risiko konflik yang terjadi di kemudian hari.

Selain itu, efek dari kejujuran adalah adanya kepercayaan yang akan didapatkan. Setelah adanya rasa percaya yang tinggi, kemudian akan berubah menjadi loyalitas dari pelanggan Anda.

3. Bersikap baik dan terbuka pada semua pihak

Selain itu, jika calon pembeli atau penyewa ternyata tidak jadi membeli atau menyewa, maka Anda harus menerima dengan lapang dada. Jangan memaksakan mereka untuk membeli properti yang Anda tawarkan.

Relasi yang baik antara semua pihak harus dilakukan. Maksud dari relasi yang baik tersebut adalah menjaga sikap agar tidak ada kesalahpahaman di antara semua pihak, mulai dari penjual, pembeli, penyewa, developer, KPR, dan lain sebagainya.

Adanya sikap yang baik, akan berdampak positif bagi Anda. Semua masalah bisa dinegosiasikan dengan sangat baik. Sehingga semua hal itu akan berdampak positif pada transaksi yang Anda lakukan.

4. Mampu membaca peluang terutama dari investor

Properti menjadi salah satu produk investasi yang menggiurkan. Sebagai seorang pebisnis properti, Anda harus meyakinkan investor yang akan bekerja sama dengan Anda. Caranya adalah dengan mengetahui kebutuhan dari para investor. 

Seperti ketika ada investor yang menginginkan properti dekat dengan bandara, dekat dengan jalan utama, dan lain sebagainya. 

Langkah meyakinkan investor ini akan sangat penting untuk memperluas peluang investasi. Bagaimana pun juga, peka dalam membaca situasi dan kondisi calon investor akan memuluskan bisnis properti Anda.

5. Selalu ‘update’ informasi terkait properti

Informasi properti bagi para pebisnis properti pemula sangatlah penting. Para pebisnis pemula ini harus selalu update setiap waktu. 

Informasi tersebut harus dicari di mana pun, mulai dari informasi dari internet maupun juga koran dan berbagai macam majalah yang kredibel. Kita tahu bahwa perkembangan terkait properti sangatlah dinamis. 

Banyak sekali informasi yang bisa didapatkan baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Adanya tren-tren yang ada di dunia properti dan berbagai macam hal lainnya.

6. Menentukan harga yang tepat dalam setiap penjualan

Sebagai seorang penjual harus tahu seberapa besar harga yang pantas dari sebuah properti. Mark up harga yang tidak jauh dari nilai pas akan membuat Anda bisa dipercaya sebagai seorang penjual properti yang baik. 

Baik dari sisi pemilik maupun pembeli, juga akan memberikan rasa percaya dan loyalitas yang baik. 

7. Terus tingkatkan kemampuan berbisnis pada setiap kesempatan

Bisnis properti selalu berkembang setiap waktu. Perkembangan tersebut harus terus menerus dipantau dan diikuti setiap waktu. 
Oleh karena itu, Anda harus terus memperbarui informasi dan juga meningkatkan kemampuan diri. 

Beberapa hal bisa Anda lakukan untuk terus berkembang adalah mengikuti berbagai macam event properti yang ada. Sering melakukan diskusi dengan para senior yang pastinya akan membuat Anda semakin memahami bagaimana bisnis properti harus dijalankan. 

Itulah beberapa tips agar Anda bisa mengawali sebagai seorang pebisnis properti. Banyak hal yang pastinya harus terus dilakukan untuk menjadi seorang yang profesional. Yaitu melakukan banyak hal dengan cermat, dan belajar dari kesalahan.

Bisnis properti juga merupakan sebuah bisnis yang mempunyai risiko tinggi. Karena itu kehati-hatian menjadi faktor utama dalam sebuah bisnis ini. 

Jaga kredibilitas bisnis Anda

Kredibilitas Anda nanti akan terbentuk dengan sendirinya, jika semua tips bisnis properti ini dilakukan dengan baik. Kredibilitas itulah yang nantinya akan membawa Anda pada kesuksesan sebagai pebisnis properti. 

Jadi, siapkah Anda masuk dalam dunia properti yang menantang ini? Jaga kredibilitas bisnis untuk kesuksesan bisnis. (ase)

Topik Terkait
Terbaru