PPP: Siapapun Capres, Cari Basis Umat Islam

Sumber :

VIVAnews - Ketua Lajnah Pemenangan Pemilu Partai Persatuan Pembangunan, Lukman Hakim Saifuddin, memiliki dua skenario Pemilihan Presiden. Kedua skenario itu, mau tak mau, akan membutuhkan basis umat Islam.

"Skenario pertama, bisa jadi, muncul satu calon dari koalisi alternatif di luar tiga nama yang muncul saat ini," kata Lukman dalam dialog "Ke Mana Arah Koalisi Ba'da Pemilu 2009" di kantor Dewan Pimpinan Pusat PKS, Jalan Mampang Prapatan, Jakarta, Kamis 5 Maret 2009. "Tiga nama itu Susilo Bambang Yudhoyono, Jusuf Kalla dan Megawati."

"Di antara tiga itu, salah satunya justru akan hilang. Kemungkinan salah satunya tidak akan memperoleh syarat 25 persen kursi atau 20 persen suara," kata Lukman yang ikut menggodok Undang-undang Pemilu dan Undang-undang Pemilihan Presiden di parlemen itu.

"Skenario kedua, ada empat pasang calon. Masing-masing kecil kemungkinan dapat di atas 25 persen," ujar Lukman yang juga Ketua Fraksi PPP di parlemen itu. Terlepas dari skenario mana, yang tiga calon presiden yang muncul sekarang berbasis Umat Islam.

Oleh karena itu, Lukman berpendapat, koalisi juga bukan semata berdasarkan perolehan kursi. Dan koalisi juga tidak terjadi dalam semalam. Perlu pembicaraan yang lebih dalam dan intens.