Polda Se-Indonesia Timur Gelar Pasukan

Sumber :

VIVAnews - Delapan jajaran pimpinan Kepolisian Daerah (Polda) se-Indonesia Timur mengikuti gelar pasukan dalam rangka pengamanan pemilu 2009, Rabu, 11 Maret 2009.

Kedelapan Polda tersebut adalah Kapolda Sulselbar sebagai tuan rumah, Papua, Maluku, Maluku Utara, Gorontalo, Sulteng, Sulut serta Sultra.

Gelar pengamanan yang disebut dengan Operasi Mantap Brata 2009 dipusatkan di Lapangan Karebosi, Makassar, Sulawesi Selatan. Kegiatan dimulai siang tadi, dan dilanjutkan dengan gelar pasukan pada Rabu sore.

Upacara Operasi Mantap Brata dipimpin langsung oleh Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Markas Besar Polri, Komisaris Jenderal Polisi Yusuf Manggabarani. Dalam sambutannya, Komjen Pol Yusuf Manggabarani berharap, agar pelaksanaan pemilu 2009 berlangsung aman dan damai.

"Polisi, Pelaksana Pemilu, Partai, Pemilih serta masyarakat harus mendukung dan mensukseskan pesta demokrasi yang akan berlangsung 9 April mendatang," ujar Komjen Pol Yusuf Manggabarani, Irwasum Mabes Polri dihadapan peserta operasi mantap Brata.

Untuk mendukung itu, Yusuf meminta agar kepolisian mengedepankan sikap profesional dan proporsional dalam mengamankan pemilu. Dia juga meminta kepada seluruh partai politik untuk melakukan kampanye damai dalam upaya menciptakan suasana aman dan kondusif.

Sedangkan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU), dari provinsi hingga kabupaten/kota, Yusuf meminta agar terbuka kepada semua pihak. “KPU harus profesional dan adil dalam melayani semua kebutuhan peserta pemilu serta masyarakat yang akan menggunakan hak suaranya,” tambah mantan Kapolda Sulsel tersebut.

Sementara, Kapolda Sulselbar, Irjen Pol Mathius Salempang menyebutkan, personil pasukan yang diterjunkan dalam pengamanan pemilu 2009 berjumlah 41. 906 orang.

"Pengamanan dari kepolisian 10.402, diback-up TNI 1.350 serta dari satuan Perlindungan masyarakat (Linmas) 30. 154," terangnya kepada wartawan, yang ditemui di lapangan Karebosi, Makasar.

Mereka akan bertugas mengamankan Tempat Pemlihan Suara (TPS) sebanyak 15.616, dengan pola pengamanan 3 bagian. Yakni TPS aman, rawan I dan rawan II.

Laporan: Rahmat Zeena | Makassar