NEWS

BISNIS

BOLA

SPORT

INDEPTH

Dari Bus Listrik, Ini Rencana Pengembangan TransJakarta

Jumat, 17 Januari 2020 | 13:23 WIB
Oleh : Antique, Fajar Ginanjar Mukti,
Foto :
  • vivanews/Andry
Bus Transjakarta.

VIVAnews – PT Transportasi Jakarta menetapkan rencana pengembangan transportasi berkesinambungan atau sustainable transportation, untuk TransJakarta hingga sepuluh tahun ke depan.

Menurut Direktur Utama (Dirut) TransJakarta, Agung Wicaksono, rencana-rencana itu mencakup penggunaan kendaraan ramah lingkungan, hingga budaya mandiri bertransportasi untuk para pengguna.

"Pertama-tama, mata rantai sistem transportasi berbasis jalan ramah lingkungan, diawali dengan bus listrik, akan beroperasi segera," ujar Agung di Jakarta, Jumat 17 Januari 2020.

Agung menyampaikan, budaya mandiri bertransportasi juga sudah mulai dilakukan, semisal dengan ditiadakannya Petugas Layanan Bus (PLB) di dalam bus. Keberadaan PLB digantikan peta 'wayfinding', hingga penerapan sistem 'tap on bus' di beberapa rute.

"TransJakarta optimis bisa beriringan mengajak masyarakat beralih dari kendaraan umum ke transportasi publik. Ini seiring dengan cita-cita Pemprov DKI, untuk mewujudkan Jakarta menjadi kota 4.0," ujar Agung.

Agung juga mengemukakan, sebagai BUMD yang berada di luar struktur birokrasi DKI, TransJakarta berupaya untuk tidak terus bergantung kepada subsidi atau public service obligation (PSO) dari DKI. TransJakarta mulai menghasilkan pendapatan sendiri, seperti digunakannya bus sebagai media iklan komersil.

"TransJakarta melakukan pengusahaan pembiayaan, agar dapat melapisi PSO, di antaranya peningkatan pemanfaatan aset seperti non-fare box (pendapatan di luar tiket)," ujar Agung.

Topik Terkait
Terbaru