Penerimaan Bukan Pajak Anjlok Rp 73 Triliun

Sumber :

VIVAnews - Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) akan turun Rp 73,1 triliun pada tahun ini. Penerimaan ini diprediksi turun karena penyesuaian harga rata-rata minyak Indonesia (ICP) dalam APBN yang semula US$ 80 per barel diubah menjadi US$ 45 per barel.

Penurunan ini, menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati terjadi paling signifikan pada penerimaan sumber daya alam (SDA) migas dan penerimaan dari deviden BUMN.

"Sehingga PNBP kita mengalami penyesuaian jumlahnya menjadi sekitar Rp 185,9 triliun," ujar Sri Mulyani dalam konferensi pers di Kantor Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Senin 23 Februari 2009.

Menurut Sri Mulyani akibat penyesuaian ICP dan nilai tukar rupiah dari Rp 9.400/US$ menjadi Rp 11.000/US$, penerimaan SDA migas diperkirakan hanya Rp 92 triliun. Jumlah ini turun Rp 72 triliun dari rencana dalam APBN 2009.

Penurunan ini kemungkinan bersumber dari perkiraan penurunan penerimaan minyak bumi sebesar Rp 60,7 triliun dan penurunan penerimaan gas bumi sebesar Rp 9,4 triliun.