Pengagum Budha Dicokok Polisi

Sumber :

VIVAnews - Itsuo Abe sangat mengagumi Budha. Kekaguman itu membuat pria Jepang ini gemar "mengoleksi" puluhan patung Budha dari kuil di Kyoto.

Tentu saja aksi Abe itu harus dibayar mahal dengan mendekam di sel penjara. Pria 59 tahun ini, Senin 2 Maret 2009, ditangkap polisi atas tuduhan mencuri patung Budha dari Kuil Kenninji di Higashiyama Ward, Kyoto.

Berdasarkan keterangan kepolisian Perfektur Kyoto, selain menemukan patung Budha duduk yang dicuri 31 Januari lalu, petugas juga menemukan dua puluh patung Budha dan tiga gulungan tulisan doa yang digantung di dinding rumah Abe di kota Yokkaichi, Perfektur Mie. 

Pengelola tempat perbaikan mesin penjual keliling ini mengaku telah mencuri patung dari kuil Kenniji dan kuil lain. Polisi akan menyelidiki keterlibatan Abe dalam serangkaian tindakan pencurian patung Budha di berbagai kuil di Perfektur Tokyo sejak tahun lalu.

"Saya suka patung Budha, jadi saya membawa pulang patung-patung yang saya lihat di kuil, dan saya berdoa di depan patung-patung Budha itu setiap hari," kata Abe kepada harian Yomiuri Shimbun, Selasa 3 Maret 2009. Menurut tetangga, keluarga Abe memang sering bepergian ke tempat-tempat tujuan wisata seperti Kyoto. Mereka juga mengungkapkan rasa heran begitu tahu di rumah Abe ditemukan banyak patung Budha curian.

Polisi berhasil menggrebek kediaman Abe dan keluarganya setelah melacak melalui kamera pengaman yang merekam gerak-gerik Abe di Kuil Kenninji. Polisi juga mengumpulkan informasi dari beberapa saksi mata. Patung Juichimen Kannon yang dicuri Abe itu sangat kuno karena dibuat pada zaman Edo (1603-1867). Patung setinggi lima puluh sentimeter dan berbobot tiga kilogram tersebut disimpan di kediaman pendeta kepala.

Ninko Magami, kepala bidang keagaaman Kuil Kenninji mengungkapkan kelegaannya atas penemuan patung berharga tersebut. "Saya dengar patung itu ditemukan dalam keadaan baik. Saya hampir menangis saking bahagianya," kata Magami.