Barrera Lolos Tes Kesehatan

Sumber :

VIVAnews - Niat Marco Antonio Barrera meladeni Amir Khan, 14 Maret 2009, mendatang makin mulus terbentang. Pasalnya, Dewan Kontrol Tinju Inggris menyatakan Barrera lolos tes kesehatan.

Menurut juru bicara Robert Smith, selain bertujuan untuk kesehatan petinju, tes ini juga ingin mementahkan tudingan banyak pihak soal plat logam di kepala Barrera.

"Cerita plat logam di kepala Barrera adalah isu lama. Pernah juga kasus isu ini kami temukan 1999 lalu pada Paul Lloyd. Tapi, ternyata Lloyd layak naik ring," ujar Smith seperti dilansir BBC Radio Five.

"Kami sudah menerima detail medis Barrera dan tak ada bukti apa pun soal plat logam. Dengan bangga kami menyatakan ia bisa melawan Amir Khan," tambahnya.

Barrera yang kini sudah berusia 34 tahun memang terlihat sudah memasuki masa pensiun. Namun, sebagai pemegang tujuh gelar dunia di tiga kelas berbeda, Barrera ingin membuktikan pada publik dunia, jadi juara di kelas ringan. Pembuktiannya apalagi kalau bukan mengalahkan juara WBA, Amir Khan, yang mempunyai catatan rekor 19-1.

Tapi sebelum pertandingan ini pun, petinju Meksiko itu sudah mengalahkan Sammy Ventura di kelas ringan. Pertarungan pertengahan Maret nanti nampaknya hanyalah sebagai ajang pembuktian semata.

Secara statistik dan pengalaman pun, Barrera jauh lebih unggul dengan catatan 64-6 dan 43 KO. Jumlah gelar petinju Meksiko itu pun enam kali lebih banyak dari pada Khan.

Namun, Khan sebagai penantang tentu tidak maju dengan tangan hampa. Seperti dilansir dari pro boxing, Khan mendatangkan pelatih kelas dunia, Freddie Roach, untuk menempanya. Belum lagi rekan tanding yang baru saja mengalahkan legenda Oscar De La Hoya, Manny Pacquiao. 

Barrera dan Khan dijadwalkan bertanding di MEN Arena, Manchester, Inggris, 14 Maret 2009.