Guru Robot yang Bisa Marah

Sumber :

VIVAnews - Apakah kalian pernah membayangkan diajar oleh guru robot dalam kelas? Nah, di salah satu kelas di Jepang ada sebuah robot yang fungsinya seperti guru. Guru robot itu bisa tersenyum, tertawa bahkan marah jika kalian berbuat nakal.

Guru robot itu bernama Saya. Robot ini bisa menampilkan enam dasar ekspresi emosi manusia seperti terkejut, takut, jijik, marah, senang dan sedih.

Wajah robot Saya terbuat dari karet yang warna dan bentuknya seperti kulit manusia dan dilengkapi dengan motor dan kabel untuk menggerakannya mulut dan wajahnya.

Dalam sebuah demonstrasi, robot Saya bisa membuka mulutnya sambil membelalakan mata dan mengangkat alisnya untuk mengekspresikan rasa kaget. Ia juga bisa menarik bibirnya, tersenyum, lalu mengucapkan terima kasih.

"Kami menciptakan Saya karena robot berbentuk seperti manusia akan lebih bisa diterima oleh anak-anak bahkan orang dewasa," kata pembuat robot Saya, Profesor Hiroshi Kobayashi dari Universitas Tokyo.

Saya pertama kali mengajar anak-anak kelas lima dan kelas enam sekolah dasar. Saat kelas terdengar berisik, Saya akan mengeluarkan kalimat 'harap tenang'. Saya dikendalikan oleh remote control. Jadi sebenarnya robot Saya tetap dikendalikan oleh manusia.

Robot Saya diciptakan Profesor Hiroshi untuk mengendalikan para murid dalam kelas. Hal itu memudahkan para guru agar para murid tetap tenang saat belajar dalam kelas.