Bank Mega Ambisi Jadi Terbesar di KTI

Sumber :

VIVAnews - Bank Mega berambisi menjadi bank terbesar di Indonesia Timur. Untuk itu, bank ini akan membuka 200 kantor cabang baru di kawasan timur Indonesia ini.

"Itu target kami dalam tiga tahun mendatang," ujar CEO Para Group, Chaerul Tanjung seusai acara CEO Speaks di Binus Business School di Jakarta, Selasa malam, 20 Januari 2009.

Sedangkan, dalam sepuluh tahun mendatang, Bank Mega telah dirancang menjadi salah satu bank terbesar di Indonesia.

Saat ini, Bank Mega belum masuk jajaran 10 bank papan atas di Indonesia. Berdasarkan data per September tahun lalu, total aset Bank Mega sekitar Rp 34 triliun. Jumlah kantor cabang di seluruh Indonesia sebanyak 183 kantor.

Rasio kecukupan modal Bank Mega sebesar 14,4 persen. Itu jauh di atas ketentuan minimum Bank Indonesia sebesar 8 persen, tetapi masih lebih rendah dari rata-rata industri perbankan 17,3 persen per September 2008.

Menurut lembaga pemeringkat Fitch, risiko yang dihadapi Bank Mega adalah konsentrasi yang tinggi kepada 20 nasabah peminjam terbesar. Sebab itu menyumbang sekitar 30 persen dari total pinjaman dan 2,2 kali dari modal perusahaan.

Fitch menilai risiko gagal bayar pada nasabah korporasi akan meningkat seiring dengan kondisi eksternal yang semakin sulit dan efek dari penurunan harga komoditas terhadap pendapatan korporasi.