Badroddin Haiti: Info dari Mana?

Sumber :

VIVAnews - Meski masih teka-teki, nama calon Kapolda Sumatera Utara terus mengerucut kepada Direktur Keamanan I Transnasional, Brigadir Jenderal Badroddin Haiti. Badroddin yang sedang mendampingi Kepala Polri pun tak banyak bicara.

"Info darimana?" ujar Badroddin Haiti sambil tersenyum saat menyambut kedatangan Kepala Polri Jenderal Bambang Hendarso Danuri dalam acara Penegakan Hukum Terpadu yang digelar Badan Pengawas Pemilu di Hotel Arya Duta, Jakarta Pusat, Selasa 10 Februari 2009.

Badroddin disebut-sebut memiliki pengalaman di daerah konflik, karena merupakan mantan Kapolda Sulawesi Tengah. Menurut Kepala Badan Reserse dan Kriminal, Komisaris Jenderal Susno Duadji saat rapat kerja dengan DPR malam tadi pun mengomentari soal calon Kapolda Sumatera Utara. Susno juga mengakui bahwa Badrodin sudah berpengalaman di Medan, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Sulawesi Tengah.

Bambang Hendarso memastikan Inspektur Jenderal Nanan Sukarna akan dicopot dari kursi Kapolda Sumatera Utara. Penggantinya akan diumumkan minggu ini. Sementara, pergantian jabatan akan dilakukan minggu depan.

Hal itu ditegaskan Bambang Hendarso usai bertemu dengan Presiden Yudhoyono, Jumat 6 Februari 2009. Bambang Hendarso pun langsung mengumumkan pencopotan Kepala Polisi Daerah Sumatera Utara dan Kepala Polisi Kota Besar Medan, Komisaris Besar Aton Suhartono.

Pencopotan tersebut hanya tiga hari setelah insiden demo anarkis di Medan, Sumatera Utara. Keduanya dianggap bertanggungjawab atas insiden demo yang menewaskan Ketua DPRD Sumatera Utara, Abdul Aziz Angkat. Saat kejadian, hanya ada 250 polisi yang menjaga 2000 massa demo.