Naik Bus Ber-AC Sambil Nonton TV

Sumber :

VIVAnews - Bus Transjakarta koridor VIII (Lebak Bulus-Harmoni) beroperasi sejak akhir pekan lalu. Koridor ini memakai armada cadangan dari koridor lain.

Sebanyak 25 bus bantuan dari pemenang lelang bus koridor IV dan VI PT Primajasa (15 bus), serta V dan VII PT Lorena (10 bus). "Nyaman ada AC dan TV-nya," kata Vera, 26, salah seorang karyawan yang ditemui di dalam bus, Senin 23 Februari 2009.

Vera sengaja beralih dari mobil ke Bus Transjakarta untuk menghemat waktu. Dengan mobil pribadi ia biasa terjebak macet sekitar dua jam dari rumahnya di kawasan Lebak Bulus hingga kantornya di Jakarta Pusat. "Mudah-mudahan dengan bus ini saya lebih cepat sampai kantor," ujarnya. "Tapi nggak tahu juga sih, saya coba dulu hari ini."

Koridor Lebak Bulus akan beroperasi mulai pukul 05.00 hingga 22.00 setiap hari. Tarifnya Rp 2.000 untuk happy hour pukul 05.00-07.00, selebihnya Rp 3.500.

Koridor ini hanya beroperasi dari Lebak Bulus sampai Tomang akibat keterbatasan armada. Penumpang koridor tujuan Harmoni bisa melanjutkan perjalanan dengan transfer ke koridor III (Kaliders-Harmoni). Halte transfer dilayani di tiga titik yaitu Indosiar, Jelambar, dan Grogol.

Secara teori, rute Lebak Bulus-Tomang memiliki rute tempuh (round trip) sejauh 51 kilometer. Waktu tempuh (travel trip) 3 jam 30 menit. Dengan operasionalisasi 25 bus, rute ini memiliki waktu tunggu atau jarak antara bus (headway) 10-12 menit.