Ubah Kebiasaan Tunda Keriput

Sumber :

VIVAnews – Pada saatnya, kulit kita memang akan berkeriput. Tapi jika kerut-kerut di wajah datang terlalu dini, wajah kita pun terlihat lebih tua.

Selain rajin merawat kulit dengan produk yang tepat, Anda juga perlu mengubah gaya hidup yang bisa membuat kulit cepat tua. Misalnya saja merokok, minum alkohol, kurang tidur, dan sebagainya.

Kebiasaan apa saja yang harus dikurangi agar kulit tak cepat berkerut?

Tidur tengkurap

American Academy of Dermatology (AAD) mengungkapkan bahwa posisi tidur yang menjadi kebiasaan bisa menyebabkan garis-garis kerutan di wajah dan leher.

Posisi tengkurap atau menyamping membuat kulit wajah tertekan dan bergesekan dengan bantal. Akibatnya, lama-kelamaaan kulit akan kehilangan kekenyalannya.

AAD menyarankan posisi tidur telentang supaya kulit wajah tidak tertekan dan berkerut.

Mengerutkan dahi

Kebiasaan mengerutkan dahi atau cemberut akan menyebabkan keriput muncul lebih cepat. Kebiasaan itu bisa membuat otot wajah kehilangan elastisitasnya. Anda juga harus mengurangi kebiasaan menyipitkan mata karena membuat kulit di sekitar mata cepat keriput.
Bila Anda mengalami kesulitan penglihatan, jangan paksakan mata. Sebaiknya kenakan kacamata. Alat bantu penglihatan ini juga berguna untuk melindungi kulit sekitar mata dari radiasi langsung sinar matahari.

Terlalu sering mencuci muka

Menurut ahli dermatologi Medical Center, University of Maryland, air yang membasuh wajah bisa meluruhkan minyak yang menjaga kelembaban alami kulit.

Jika mencuci wajah dengan sabun, sebaiknya Anda pilih produk yang mengandung pelembab. Setelah mencuci wajah, segera oleskan pelembab.