Persipura Akhiri Keangkeran Stadion Surajaya

Sumber :

VIVAnews - Persipura Jayapura berhasil meneruskan dominasinya atas Persela Lamongan. Tim Mutiara Hitam ini juga berhasil memecahkan rekor tak terkalahkan Persela dalam 22 pertandingan kandangnya.

Keangkeran Stadion Surajaya  rupanya memang harus terhenti di angka 23, setelah Laskar Joko Tingkir menelan kekalahan 3-1 atas tamunya Persipura Jayapura. Terakhir, Persela tumbang di kandang pada 1 April 2007 lalu.

Pada bigmatch Liga Super Indonesia (LSI) 2008/2009 yang juga disiarkan antv ini, keangkeran Stadion Surajaya rupanya harus berakhir di tangan tim besutan Jacksen F Tiago ini.

Dengan kemenangan ini, Persipura juga berhasil melanjutka dominasinya atas Persela. Dari delapan pertemuan kedua tim ini, Persipura berhasil mencatat kemenganan empat kali dan tiga imbang serta hanya menelan kekalahan sekali.

Sejak menit awal babak pertama, Persipura memang langsung memperagakan permainan cepat. Peluang-peluang terbaik memang lebih banyak dimiliki Persipura.

Pertandingan baru berjalan 2 menit, Cornelis Kaimu, berpeluang membuat Persipura unggul. Sayangnya, umpan matang Alberto "Beto" Goncalvez gagal dimanfaatkan Kaimu setelah tandukannya hanya mampu membentur mistar gawang Persela.

Lima menit kemudian, giliran Boaz Solossa yang membuat peluang cantik. Sayangnnya, sepak pojok striker timnas Indonesia ini juga hanya mampu membentur mistar gawang Huda.

Setelah gagal di beberapa percobaan, tim Mutiara Hitam berhasil menjebol gawang Persela di menit 13. Umpan terobosan yang dilepaskan Eduard Ivakdalam berhasil dimanfaatkan Boaz dengan sontekan manis. 1-0 buat Persipura.

Tertinggal satu gol rupanya membuat kubu tuan rumah bangkit. Persela pantas bersyukur mempunyai seorang mantan pemain Persipura yang ada pada diri Jimmy Suparno. Pasalnya, tentu ia paham dengan karakter pertahanan Persipura.

Terbukti, mantan pemain Persipura ini berhasil mencetak gol balasan buat mantan klubnya itu. Umpan terukur Dicky Firasat di menit 24 berhasil disudahi dengan tembakan keras Jimmy. Kedudukan imbang 1-1.

Tapi, skor itu tidak bertahan lama. Persipura kembali merespon gol tuan rumah. Berawal dari tendangan bebas, striker Beto berhasil membuat Persipura kembali unggul. Kedudukan sementara 2-1 buat tim tamu.

Memasuki babak kedua, hujan deras mengguyur stadion kebanggaan warga Lamongan ini. Rupanya, kondisi ini berhasil dimanfaatkan tim tamu yang terlihat lebih mampu beradaptasi dengan lapangan becek di Stadion Surajaya itu.

Persipura akhirnya berhasil memperbesar keunggulan lewat Boaz Solossa. Striker Persipura ini berhasil mencetak gol kedua di pertandingan itu pada menit 64 lewat sebuah serangan balik yang cepat. 3-1 buat keunggulan Persipura.

Meski Persela berusaha terus mengejar ketertinggalan namun kondisi lapangan yang becek rupanya membuat tim tuan rumah kehabisan akal. Alhasil, hingga peluit tanda berakhirnya pertandingan dibunyikan, kedudukan tidak berubah, 3-1 buat keunggulan Persipura.

Dengan hasil ini, Persipura untuk sementara memuncaki klasemen dengan total 43 poin. Tim Mutiara Hitam ini unggul selisih gol dari Sriwijaya yang harus puas di posisi kedua, dengan catatan Sriwijaya masih menyimpan satu laga.