Penentuan Ayam Kinantan ke Liga Champions

Sumber :

VIVAnews - PSMS Medan selama ini dikenal sebagai tim kebanggaan warga  kota Medan dan sekitarnya. Namun saat berhadapan dengan Singapore Armed Forces (SAF), Ayam Kinantan bakal berjuang untuk Merah Putih.

PSMS akan berhadapan dengan tuan rumah SAF di Stadion Jalan Besar, Singapura, sore ini, 25 Februari 2009. Duel ini merupakan babak play off untuk memperebutkan satu tiket ke babak utama Liga Champion Asia (LCA) 2009. Pemenang akan bergabung dengan Grup G bersama Kashima Antlers (Jepang),  Suwon Samsung Bluewings (Korea Selatan), dan Shanghai Shenhua (China).

”Dalam pertandingan ini kami harus tampil sebaik mungkin. Pasalnya, LCA 2009 merupakan turnamen berskala internasional. Dan kehadiran kami di sini membawa nama Indonesia," kata Liestiadi, pelatih PSMS Medan seperti dilansir situs resmi AFC, Selasa. 24 Februari 2009.

Liestiadi tentu tak asal bicara. Agar mampu memberikan perlawanan berarti, Ayam Kinantan sampai harus mengirim dirinya ke Thailand untuk menyaksikan pertarungan SAF kontra Provincial Electricity pada play off babak pertama LCA 2009.

Dalam duel yang digelar di Stadion Rajamangala, Thailand tersebut, SAF menang dengan skor 4-1 setelah melalui dua babak tambahan. Tak puas menyaksikan langsung dari tribun, Liestiadi juga mempelajari rekaman pertandingan itu lewat video.

Tekad Liestiadi juga disambut oleh punggawa-punggawa Ayam Kinantan. Gelandang serang Elie Aiboy mengaku akan tampil habis-habisan saat bertemu SAF.

"Saya tahu tim-tim asal Singapura dan beberapa pemainnya. Saya sudah mengantongi kelemahan dan kekuatan mereka. Semua ini sudah kami persiapkan dalam strategi yang akan dipakai lawan SAF nanti," kata Elie.

Wajar bila Elie punya referensi cukup banyak tentang kekuatan tuan rumah. Maklum, Elie merupakan salah seorang punggawa timnas yang pernah menjajal kekuatan Singapura. Tak hanya itu, Elie juga punya pengalaman tampil di liga luar negeri, saat membela Selangor FC.

"Meski tidak buta kekuatan lawan, saya yakin pertandingan akan berjalan ketat. Pasalnya, baik timnas Singapura maupun klub-klub asal Singapura selalu sulit untuk dikalahkan," tandas Elie.

Sementara itu, tuan rumah SAF juga tak ingin anggap remeh dengan kekuatan tim tamu. Pelatih The Warriors-julukan SAF- Richard Bok mengatakan pertarungan lawan PSMS tidak akan belangsung mudah.

"Pertarungan ini pasti berat. Seperti tim Indonesia lainnya, PSMS juga punya beberapa pemain berpengalaman seperti Elie Aiboy, Esteban (Tejera), (Mario) Costas dan Rachmat Afandi. Mereka pasti punya pengalaman. Mereka setidaknya sudah lebih lama tampil di liga lokal dibanding pemain kami yang baru mengawali pertandingan perdana di S League (Liga Singapura)," kata Bok.

Di atas kertas, SAF tentu saja lebih diunggulkan. Selain tampil di hadapan publik sendiri, jawara S League musim lalu itu juga punya banyak pengalaman bermain di turnamen internasional.

Sebelum tampil di play off LCA 2009, SAF sudah dua kali lolos ke babak perempat final AFC Cup. "LCA 2009 merupakan even yang berada satu tingkat di atas AFC Cup. Karena itu tim yang tampil juga dipastikan lebih berat. Karena itu setiap pertandingan pasti akan berat," tandas Bok.

Prediksi susunan pemain:
Singapore Armed Forces (4-4-2)

Toh Guo'An (g); Shaiful Esah, Kenji Arai, Hafiz Osman, Daniel Banett; Masahiro Fukasawa, Therdsak Chaiman, Park Tae Won, Mustaqim Manzur; Ahmad Latif, Guntur Djafril
Pelatih Richard Bok

PSMS Medan (4-4-2)
Markus Horison (g); Syahroni, Aun Carbiny, Dody Cahyadi, Reswandi; Ellie Aiboy, Asri Akbar, Esteban, Octavianus; Zadda, Rachmat Afandi
Pelatih Liestiadi