NEWS

BISNIS

BOLA

SPORT

INDEPTH

Mengapa Premier League TVRI Bisa Lebih Murah dari Liga 1?

Kamis, 30 Januari 2020 | 13:17 WIB
Oleh : Riki Ilham Rafles,
Foto :
  • ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Laga Liga 1 2019 antara Persija Jakarta kontra Persebaya Surabaya

VIVAnews – Mantan Direktur Utama TVRI, Helmy Yahya membuat pernyataan yang kemudian jadi viral di media sosial. Dia mengatakan hak siar Premier League TVRI lebih murah ketimbang Liga 1.

Helmy mengatakan hal tersebut ketika melakukan rapat dengan Komisi I DPR RI, Selasa 28 Januari 2020. TVRI membayar kepada Mola TV sebesar 2 juta dollar (Rp27,2 miliar) untuk mendapatkan siaran langsung 76 pertandingan ditambah highlight preview berdurasi sejam selama 38 pekan.

(Baca juga: Helmy Yahya Kaget saat TVRI Siarkan Timnas Indonesia Vs Malaysia)

Jumlah tersebut diakui Helmy sudah dipotong sebesar Rp13,6 miliar oleh Mola TV. Landasan pemotongan itu karena diambil dari komitmen iklannya.

"Itu kami hitung-hitung per episodenya atau perjamnya hanya Rp130 juta. Dan jangan lupa, hanya karena Liga Inggris publik menonton TVRI. Jangan lupa bola itu hal yang sangat menghibur di Indonesia," tutur Helmy.

Jika Helmy membandingkan 76 pertandingan yang menjadi siaran langsung di TVRI dengan harga hak siar Liga 1 dalam semusim tentu tidak tepat. Karena untuk membeli seluruh laga Premier League harganya gila-gilaan.

Untuk wilayah Indonesia, harga yang dipatok mencapai Rp545 miliar. Total pertandingan yang bisa disiarkan secara langsung sebanyak 380.

Sedangkan Liga 1 dalam semusim harganya jauh di bawah itu. Untuk mendapatkan 306 pertandingan, harga yang harus dibayarkan Rp177 miliar.

Topik Terkait
Terbaru