Waspadai Gelombang Tinggi di Selat Makassar

Sumber :

VIVAnews - Balai Besar Meteorologi dan Geofisika wilayah IV Makassar mengingatkan terjadinya gelombang tinggi disejumlah perairan di Sulawesi Selatan pada Sabtu 13 November 2008.

“Gelombang tinggi terjadi di sekitar Selat Makassar bagian selatan, dengan ketinggian 2 hingga 3 meter,” kata Kepala Bidang Informasi dan Data Badan Meteorologi dan Geofisika wilayah IV Makassar, Hanafi, Kamis 11 Desember 2008.
 
Dia  menambahkan, beberapa daerah lainnya juga berpeluang terjadinya gelombang tinggi, yakni di laut antara Bulukumba dan Selayar, perairan yang menghubungkan Mamuju dan Balikpapan,Teluk Bone bagian selatan, dan jalur fery yang menghubungkan daerah Sulawesi Tenggara.

Hanafi meminta kepada nelayan dan pengguna transportasi laut, untuk berhati-hati menghadapi gelombang tinggi tersebut. “Kondisi ini sebenarnya relatif aman, tapi akan berbahaya jika diikuti oleh angin kencang. Sehingga perlu kehati-hatian,” tambah Hanafi.

Sementara,  Suhu udara permukaan Sulawesi berkisar antara 16 derajat Celcius hinggan 33 derajat Celcius. Kelembapan udara permukaan berkisar antara 52 persen hingga 98 persen. Sementara angin permukaan umumnya bertiup dari arah selatan sampai barat laut, dengan kecepatan lima kilometer hingga 32 kilometer per jam.

Badan Meteorologi juga mencatat, separuh dari 23 daerah Kabupaten/Kota di Sulawesi Selatan, juga diprediksi akan berpeluang hujan pagi hingga sore nanti. Namun demikian, curah hujan yang turun tidak akan berlagsung lebat.

Laporan: Zeena/Makassar