Kalla: Obama Tak Pengaruhi Blok Natuna

Sumber :

VIVAnews - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengungkapkan kontrak antara pemerintah dengan ExxonMobil di Blok Natuna telah diputuskan sejak pada 9 Januari 2005. Barack Obama yang akan dilantik sebagai pemimpin baru Amerika Serikat yang akan dilantik Selasa, hari ini tidak akan mempengaruhi kontrak tersebut.

"Siapapun presiden Amerika tidak akan mengubah penilaian kami terkait ExxonMobil dalam kasus blok Natuna," ujar Wapres di Jakarta, Selasa, 20 Januari 2009. "Kami tak terpengaruh Obama."

Menurut dia, Exxon akan tetap memiliki posisi yang sama dengan kontraktor minyak lainnya dalam menjalin kontrak dengan Pertamina. Pemerintah telah memutus kontrak Exxon di blok Natuna sejak 2005 dan dialihkan ke Pertamina. "Kontrak Exxon sudah berakhir secara otomatis," katanya.

Exxon telah mengajukan proposal untuk memperpanjang kontrak. Namun, Exxon hanya mengirim selembar surat, bukan proposal perpanjangan. Jadi sejak itu, menurut Kalla, pemerintah tidak pernah menganggap ada kontrak dengan Exxon.

Namun, karena Exxon ingin memperpanjang, maka pemerintah berbicara dengan persyaratan baru. Tapi syarat baru itu dinegosiasikan sekian bulan tapi tidak ada kesepakatan.

Kalla menekankan setelah dialihkan ke Pertamina, BUMN ini memang harus mencari mitra karena proyek lapangan migas tersebut berat dan berisiko. Posisi Exxon, saat ini tidak ada bedanya dengan kontraktor lainnya yang tertarik blok Natuna, seperti Shell, Statoil Hydro Norway, Petronas serta BP.

"Siapa saja boleh masuk apabila memenuhi syarat tersebut," katanya.