Tiap Bulan 4000 Warga DKI Jadi Penganggur

Sumber :

VIVAnews - Pemutusan Hubungan Kerja terus menghantui karyawan sejumlah perusahaan di Jakarta. Data Asosiasi Pengusaha Indonesia menunjukkan, sejak awal tahun sebanyak PHK sudah menimpa 3000-4000 karyawan Ibu Kota.

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia DKI Jakarta, Soeprayitno, mengatakan, PHK terjadi di hampir seluruh sektor terutama otomotif, perhotelan, dan elektronik. "PHK itu akibat daya tahan perusahaan yang kurang baik," ujarnya, Jumat 23 Januari 2009.

Daya tahan sejumlah perusahaan melemah lantaran tak mampu menahan terpaan krisis ekonomi global. Sejumlah perusahaan tak berdaya ketika dihantam buying power dengan pembatalan sejumlah pesanan. "Sampai dengan semester satu kondisinya masih berat," ujarnya.

Model PHK yang ditempuh sejumlah perusahaan pun bermacam-macam. Bentuk paling ekstrim adalah pemecatan. Namun, ada pula yang diubah statusnya kontraknya menjadi pekerja harian. 

Untuk menekan angka PHK, sejumlah perusahaan mulai menerapkan strategi seperti mengurangi operasioanalisasi dari tiga shift menjadi dua  shift.