BRI Beri Pinjaman Rp 16,5 Triliun ke 47 BUMN

Sumber :


VIVAnews -
Bank Rakyat Indonesia telah merealisasi penyaluran pinjaman bagi 47 BUMN sebanyak Rp 16,5 triliun dari plafon Rp 22,5 triliun hingga Desember 2008.

Direktur Bisnis dan Kelembagaan BRI, Asnawi Syam mengatakan pembiayaan terbesar berasal dari usaha pertambangan, energi dan telekomunikasi. Dari 90 BUMN yang mempunyai hubungan dengan BRI, kata Asnawi, sejauh ini baru 47 BUMN yang memperoleh pinjaman dari BRI.

"Tapi, tahun ini BRI menargetkan plafon kredit Rp 27 triliun dengan tambahan 20 BUMN," ujar Asnawi di Jakarta, Kamis, 13 Februari 2009.

Target pinjaman itu akan digunakan untuk membiayai proyek infrastuktur seperti jalan tol, telekomunikasi dan pembangkit listrik. "Yang menyangkut keperluan rakyat banyak," ujarnya.

Sedangkan, BUMN lainnya menjalin kerja sama dalam bentuk lain. Misalnya, dengan PT Asuransi Jasindo dan Jiwasraya berupa penyediaan jaringan asuransi, pembayaran pegawai serta cash management. "Dengan begitu, perpindahan uang dari cabang ke cabang berjalan real time."

Kerja sama seperti ini juga dilakukan dengan PT Telkom. BRI dan Telkom telah menempatkan dana dan membangun cash manajement. "Jika Telkom one stop shopping, kami one stop service," katanya.