Inilah Pengamanan Berlapis Hillary Clinton

Sumber :

VIVAnews - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Hillary Clinton dijadwalkan tiba pukul 14.00 WIB di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Bagaimana pengamanan yang dilakukan Kepolisian RI kepada mantan Ibu Negara AS itu.

Juru Bicara Kepolisian, Inspektur Jenderal Abubakar Nataprawira mengatakan kepolisian akan melakukan pengamanan bersama dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI). "Pengamanan sesuai prosedur tetap mulai bandara, sejak dia turun, pengamanan objek, dan pengamanan rute," kata Abubakar pekan lalu.

Pengamanan Hillary termasuk pengamanan khusus. Namun, tambah Abubakar, ketika Hillary di Istana Negara, pengamanan dilakukan oleh pasukan pengaman presiden. Bagaimana dengan pengamanan dari AS? Menurut Abubakar kepolisian akan bekerjasama dengan petugas keamanan yang dibawa Hillary. "Yang didepan mereka, Polri lapis dua dan tiga," ujar dia.

Sebelumnya, Kepala Kepolisian RI, Jenderal Bambang Hendarso Danuri mengatakan polisi bersiap mengamankan menteri Kabinet Obama itu sesuai prosedur tetap. Jumlah personel, lanjut Bambang Hendarso, akan disesuaikan dengan sasaran kegiatan yang dilaksanakan Hillary di Indonesia. Bambang Hendarso membantah keterlibatan intelijen Amerika, Central Intelligence Agency (CIA) dalam pengamanan Hillary.

Menteri Hillary akan berada di Jakarta selama dua hari, 18-19 Februari. Pertemuan dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan berlangsung pada hari kedua Hillary berada di Indonesia. Ini merupakan kunjungan resmi kenegaraan pertama Menteri Luar Negeri ke-67 AS.