Koalisi PPP-PDIP Bisa Saja

Sumber :

VIVAnews - Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan, Suryadharma Ali, turut hadir dalam peluncuran buku biografi politik Ketua Dewan Pertimbangan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Taufiq Kiemas. Suryadharma tak mengelak ada sejarah kedekatan antara PPP dan PDIP.

"Kalau (koalisi) untuk Pemilihan Presiden, bisa saja," kata Suryadharma Ali usai mengikuti peluncuran buku di Pustaka Loka Dewan Perwakilan Daerah, Jakarta, Kamis 19 Februari 2009. "Prinsip PPP, membuka komunikasi politik seluas-luasnya."

Buktinya, PPP menggelar forum 'PPP Mendengar' yang telah dihadiri sejumlah petinggi partai tak terkecuali Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri. Kedatangan Suryadharma dalam peluncuran buku inipun bagian dari membalas kehadiran Megawati dalam forum PPP itu.

Faktor kedekatan PPP-PDIP juga terjalin sejak lama. Kedua partai ini pernah bekerjasama mendalam dalam pemerintahan, saat Megawati menjadi presiden dan Ketua Umum PPP Hamzah Haz menjadi Wakil Presiden.

Secara pribadi, Suryadharma dan Taufiq pun memiliki kedekatan tertentu. "Tahun 2003, saya ingin bertemu Taufiq di Jakarta saja sulit. Tapi justru (ketika di Makkah), kami bisa bersama-sama masuk Kabah," kata Suryadharma yang juga Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil Menengah itu.