Pacquiao Akhirnya Setuju Pembagian Hasil

Sumber :

VIVAnews - Masalah pembagian hasil pertandingan yang tadinya jadi pengganjal partai Manny Pacquiao vs Ricky Hatton, akhirnya mencapai kesepakatan.

Kabar terakhir yang dikutip VIVAnews dari Manila Buletin, Rabu 21 Januari 2009, menyebutkan kalau promotor tinju Bob Arum berhasil menurunkan harga itu jadi 52-48.

Memang dalam pertemuan awal, Pacman -julukan Pacquiao- meminta pembagian 60-40 dengan keuntungan terbesar untuknya. Dengan negosiasi alot akhirnya Pacman setuju menurunkan permintaannya jadi 55-45.

"Saya rasa mereka akan mau menyesuaikan dan pertandingan akan menarik banyak penonton," ujar Pacman pada boxingscene, Selasa kemarin.

"Mereka pasti mampu memenuhi pembagian 50-50. Dan saya akan berkata 'ya' pada tawaran yang sedikit lebih rendah. 55-45," tambah petinju pound to pound itu.

Negosiasi penurunan harga ini bertujuan agar pertandingan yang dianggap kurang menarik perhatian masyarakat di Amerika Serikat itu tidak dibatalkan.

Pasalnya pertandingan ini disiarkan melalui TV berlangganan dengan sistem pay per view. Bila minat masyarakat sedikit sedangkan harga yang Pacman minta terlalu mahal, pihak penyelenggara akan merugi.

Sebaliknya, Pacman yakin kehadiran dirinya yang berhasil mengalahkan Oscar de La Hoya Desember 2008 lalu, akan jadi penyedot perhatian. Maka itu ia merasa layak dibayar lebih oleh pihak penyelenggara.

Kedua petinju ini dijadwalkan bertemu 2 Mei 2009 MGM Grand, Las Vegas, Amerika Serikat. Khusus melawan petinju Inggris itu, Pacman akan main di kelas 140 pound (63,5 kg). Kelas ini merupakan kelas ideal Hatton yang punya rekor bertanding 45 kali menang (32 KO) dan sekali kalah. 

Rencananya Jumat 23 Januari 2009 ini akan diumumkan secara resmi pertandingan keduanya. Tepat setelah kedua pihak menandatangani surat perjanjian.