Nokia N97 Dilengkapi Skype

Sumber :

VIVAnews -- Nokia dan Skype mengumumkan kerjasama di antara mereka untuk menyediakan layanan telepon lewat internet Skype pada ponsel-ponsel Nokia seri N.

Layanan suara (voice) lewat protokol internet yang disediakan Skype akan akan diintegrasikan dengan pada ponsel Nokia N97 yang merupakan ponsel unggulan Nokia tahun ini. 

"Kami berkolaborasi dengan Nokia untuk menyediakan layanan kami untuk para pelanggan Skype, sehingga mereka bisa lebih mudah dan praktis mengakses layanan kami ketika berada di luar," ujar Scott Durchslag, chief operating officer Skype, seperti dikutip dari situs InformationWeek

Layanan Skype - yang dimiliki oleh situs lelang eBay, bisa diakses melalui buku alamat telepon (address book) ponsel N97, sehingga penggunanya bisa melihat apakah teman kontak Skype mereka sedang online atau offline. 

Dari situ pula, pengguna bisa mengirim pesan-pesan instan. Syaratnya, ponsel ini harus terhubung dengan internet, baik melalui jaringan selular 3G, atau jaringan WiFi yang tersedia, semisal di kafe-kafe berhotspot.

Sesama pemilik akun Skype dapat bercakap-cakap melalui layanan itu tanpa dikenakan biaya tambahan, selain biaya koneksi internet itu sendiri. Namun, untuk melakukan percakapan dari Skype ke telepon rumah atau jaringan selular, Skype akan mengenakan biaya tambahan. 

"Kerja sama ini akan menandai sebuah langkah maju untuk mewujudkan konvergensi layanan komputer di desktop ke dalam sebuah ponsel sebagai komputer mobile," ujar Jose-Luis Martinez, Nokia Nseries Vice President. Nokia baru akan meluncurkan N97 pada kuartal ketiga tahun ini. 

Selain dengan Nokia, Skype juga telah meneken kerja sama dengan Sony Ericsson, dan akan menyediakan layanannya pada ponsel pintar Sony Ericsson Xperia X1. Layanan VoIP itu akan menjadi panel tersendiri yang bisa dipasang pada layar utama X1. Skype memiliki lebih dari 400 juta pelanggan seluruh dunia.