Deng Xiaoping Wafat

Sumber :

VIVAnews – Setelah menderita sakit selama beberapa lama, pada 19 Februari 1997, pemimpin reformis China, Deng Xiaoping, meninggal dunia pada usia 92 tahun.

Menurut laman berita BBC, Deng meninggal akibat komplikasi penyakit Parkinson dan infeksi paru-paru. Kedua penyakit inilah yang menghalangi Deng tampil di hadapan publik sejak pertengahan tahun 1994.

Meskipun tidak memegang jabatan formal di dalam pemerintahan, Deng Xiao Ping merupakan pemimpin de facto Cina sejak akhir 1970-an hingga awal 1990-an.

Adalah Deng yang mereformasi dan memodernisasi ekonomi China hingga meraksasa seperti saat ini. Beberapa reformasi ekonomi yang dilakukan Deng antara lain menghapus model pertanian kolektif, mengizinkan berdirinya perusahaan swasta, dan membentuk kawasan pasar bebas.

Berkat Deng Xiaoping, Cina tampil sebagai kekuatan ekonomi baru di Asia dan juga dunia. Sektor politik, militer, dan teknologi China mengalami pertumbuhan luar biasa di bawah arahan dirinya.

Satu-satunya catatan buruk Deng semasa berkuasa adalah keputusannya mengerahkan tentara untuk membubarkan demonstrasi mahasiswa di lapangan Tianamen pada tahun 1989. Pada aksi unjuk rasa menuntut demokrasi tersebut, ratusan mahasiswa China tewas setelah bentrok dengan tentara.

Prosesi pemakaman Deng dipimpin oleh Presiden China Jiang Zemin. Zemin adalah salah seorang pengikut setia Deng. Di bawah pemerintahannya, berbagai kebijakan ekonomi Deng terus dilanjutkan yang berhasil membawa Cina menjadi salah satu raksasa ekonomi dunia.