Sempron Dual Core Baru, Beredar

Sumber :

VIVAnews - Tren prosesor terus bergerak ke arah komputasi multi core, baik untuk segmen kelas atas ataupun kelas ekonomis. Sebagai buktinya, AMD melakukan update di jajaran produk ekonomis mereka yakni Sempron dengan menghadirkan prosesor dual core baru.

Setelah sekitar Maret tahun 2008 lalu perusahaan asal Sunnyvale, California itu menghadirkan Sempron X2 2100+, kini mereka memunculkan Sempron X2 2300+ yang merupakan model kedua dari jajaran prosesor dual core murah AMD.

Versi terdahulu Sempron dual core memiliki kecepatan 1,8GHz. Tidak hanya tersedia di toko-toko di kawasan Asia, tetapi prosesor tersebut juga masuk ke daftar kompatibilitas dari sejumlah produsen motherboard. Tandanya, prosesor tersebut memang ada di pasaran, meski di daftar harga resmi AMD sendiri prosesor itu tidak dicantumkan.

Minggu ini, beberapa pengguna dari Akiba, komunitas online asal jepang menyatakan bahwa prosesor AMD Sempron dual core X2 2300 sudah tersedia di jepang dengan harga 2480 yen, atau sekitar 27 dolar AS.

Dengan cache L2 sebesar 512KB (256KB untuk masing-masing core), diproduksi dengan proses teknologi 65 nanometer serta memiliki thermal dissipation power 65 watt, Sempron X2 2300 nyaris identik dengan seri 2100. Hanya kecepatannya saja yang ditingkatkan menjadi 2,2GHz. Dari ordering part numbernya, bisa diketahui bahwa prosesor tersebut menggunakan core Brisbane

Sama seperti versi sebelumnya, versi box dari Sempron X2 2300 ini juga tidak tercantum dalam daftar harga prosesor resmi di situs AMD.