Amien Rais: Sultan Kurang Signifikan

Sumber :

VIVAnews - Pendiri Partai Amanat Nasional, Amien Rais, memprediksi Sri Sultan Hamengku Buwono X gagal maju sebagai calon presiden. "Dengan segala hormat, saya kira Sultan masih kurang signifikan karena yang mengusung partai kecil," kata Guru Besar Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada itu.

Bola salju yang diharapkan dalam nominasi Sultan pada Oktober 2008 lalu, menurut Amien, gagal membesar. "Menggelindingnya tidak sesuai dengan yang apa yang diharapkan," kata Amien di Gedung Djoeang, Jakarta, Selasa 24 Februari 2009.

Bercermin dari Sultan itu, Amien Rais yang juga warga Yogyakarta itu pun belum memutuskan mencalonkan diri sebagai presiden selama belum ada partai yang meminangnya secara resmi. "Saya siap (jadi calon presiden), kalau yang mencalonkan partai sungguhan, bukan partai pinggiran," katanya.

Dan PAN, partai yang didirikannya, adalah partai sungguhan. Namun PAN, lanjut Amien, masih menunggu hasil Pemilu 9 April untuk memutuskan pencalonan presiden sendiri.

Sri Sultan Hamengku Buwono X dicalonkan Partai Republika Nusantara meski penguasa Yogyakarta itu menyatakan tak menerima secara resmi. Sri Sultan masih mencoba upaya pencalonan dari partainya sendiri, Golkar.

Cerita lebih lengkap, Anda dapat membaca liputan SOROT berikut ini:
Bobot Politik Raja Jawa
Sultan atau Kalla