Surya Paloh: Agar Seirama dan Satu Langkah

Sumber :

VIVAnews - Rencana pertemuan Jusuf Kalla dan Megawati Soekarnoputri tidak menutup kemungkinan membahas koalisi kedua partai. Pertemuan kedua pemimpin partai pemenang Pemilu 2004 itu, merupakan langkah awal untuk mensinergikan visi dan misi.

"Tapi intinya adalah agar kedua partai seirama dan satu langkah," kata Ketua Dewan Penasehat Partai Golkar, Surya Paloh, dalam perbincangan dengan Wens Manggut dari VIVAnews, Rabu, 11 Maret 2009.

Surya pun mengakui, agenda pertemuan memang belum sampai pada pembahasan soal koalisi. Kendati demikian, penjajakan ini merupakan langkah awal untuk mewujudkan koalisi dua partai dalam menghadapi Pemilu 2009. "Tapi belum final," ujar Surya.

Menurut Surya, keputusan koalisi memang belum mencapai kata akhir. Tetapi tidak ada salahnya jika kedua partai terus bersama-sama mensinergikan program kerja masing-masing. "Harus bersama-sama baik dalam pemerintahan, maupun nanti jika keduanya di luar pemerintahan," kata Surya.

Rencananya, Jusuf Kalla dan Megawati Soekarnoputri akan bertemu Kamis (12/3) pukul dua siang. Kendati demikian, belum diketahui di mana lokasi pertemuan itu akan berlangsung.

Siang ini, dua fungsionaris PDI Perjuangan dan Golkar akan menggelar jumpa pers bersama. Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Pramono Anung, dan Ketua Badan Pemenangan Pemilu Golkar, Burhanuddin Napitupulu, akan memberikan keterangan pers.

Rencana pertemuan Kalla-Megawati ini semakin memperkuat sinyal pecahnya kongsi antara Yudhoyono-Kalla. Kalla pun sudah menjajaki pertemuan dengan beberapa petinggi partai lainnya seperti dari Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Persatuan Pembangunan.