Megawati Janji Prioritaskan Investor Domestik

Sumber :

VIVAnews - Calon presiden dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarno Putri, berjanji investor domestik harus diprioritaskan dalam perekonomian Indonesia. Mega mempertanyakan peran pengusaha yang seringkali mengandalkan investasi asing.

"Apa pengusaha tidak bisa melakukannya dari dalam negeri dulu?" kata Mega dalam acara 'Pengusaha Bertanya, Parpol Menjawab' yang diadakan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dan Metro TV di Hotel Four Seasons Jakarta, Jumat 13 Februari 2009.

Pengusaha Indonesia, kata Mega, hendaknya saling bekerja sama untuk mengembangkan investasi domestik, terutama memprioritaskan hal yang menjadi kebutuhan bangsa. Salah satu yang menjadi keprihatinan Mega adalah masih bergantungnya Indonesia terhadap asing dalam bidang yang memenuhi hajat hidup orang banyak.

"Misalnya perikanan. Harusnya ini masih bisa dilakukan tanpa mengandalkan investasi asing. Tapi di perikanan, kita masih bergantung," kata Mega.

Selanjutnya Mega menyarankan agar sebelum mengundang investor asing, para pengusaha juga mengetahui kebutuhan masing-masing. "Pengusaha harus tahu kebutuhan mereka dan kebutuhan mereka juga," kata Mega.